Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Pengendara Motor Wanita Tidak Ada Takutnya meski Salah

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pengendara motor wanita di Indonesia memang ada saja. Misal seperti di video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram memperlihatkan motor yang asal potong dari sisi kiri mau putar balik.

Terlihat di video singkat tersebut, mobil yang mau jalan lurus tiba-tiba dari kiri ada motor yang selonong mau putar balik. Bermodalkan lampu sein ke kanan yang menyala, pengendara wanita itu nekat tetap belok.

Beruntung mobil perekam serta pengendara motor di kanan bisa mengurangi kecepatannya. Jadi tidak sampai tabrakan.

Menanggapi kejadian seperti itu yang tampaknya terus berulang, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kalau mau mengubah arah, pertama harus nyalakan sein, tapi bukan berarti bisa memotong lajur kendaraan lain.

"Jangan tiba-tiba mengubah arah, minimal 30 meter sebelum belok, maka sudah kasih isyarat. Pastikan jalur atau lajur dalam kondisi aman," ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Soal berkendara, siapa saja memang boleh, cuma harus diperhatikan bukan cuma keahlian, tapi juga paham keselamatan. Contoh pengendara wanita yang di video bisa dibilang bisa berkendara, cuma tanpa rasa ingin selamat.

"Mengoperasikan kendaraan mungkin bisa karena berani bawa di jalan raya. Namun, dalam hal berkendara aman, dia kurang paham," kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/03/20/034200815/video-pengendara-motor-wanita-tidak-ada-takutnya-meski-salah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke