Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Pengendara Wanita Tabrak Mobil akibat Belok Sembarangan

Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @memomedos, Minggu (10/3/2024). Dalam tayangan tersebut terlihat pengendara motor wanita yang melakukan manuver secara mendadak tanpa melihat situasi dan kondisi sekitar.

Pengendara motor tersebut berbelok tanpa memberikan tanda lampu sein atau menengok ke belakang. Pergerakan secara mendadak itu tak bisa diantisipasi oleh pengemudi mobil yang berada di belakang. Alhasil, pengemudi mobil itu pun tidak bisa menghindar hingga akhirnya terjadi tabrakan.

Mengingat hal seperti ini bukan pertama kalinya terjadi, sebaiknya semua pengguna jalan, baik pengemudi motor maupun mobil, harus memahami bahwa ada aturan yang harus diterapkan ketika hendak berbelok.

Jusri Pulubuhu, Founder Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menilai, berbelok tidak boleh dilakukan secara mendadak. Menurutnya, pengendara wajib menghidupkan lampu sein minimal 30 meter sebelum titik belok.

“Kalau mereka tidak punya waktu yang berbanding lurus dengan jarak kendaraan yang dekat, maka yang terjadi adalah benturan atau kecelakaan. Minimal 30 meter sebelum berbelok kita sudah nyalakan lampu sein,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Langkah penting lainnya yang harus dilakukan adalah mengecek spion. Tujuannya untuk memastikan situasi untuk berbelok sudah aman, terutama bagi pengendara motor.

Pengendara motor cenderung tidak dapat melihat sesuatu yang berjarak satu meter di belakangnya. Oleh karena itu, diharuskan untuk melakukan blind spot check atau menoleh sedikit kebelakang.

“Untuk lebih memastikan blind spot kita sebaiknya menoleh. Ketika semua sudah dirasa aman, baru berbelok,” kata Jusri.

Jusri juga mengingatkan, pengemudi mobil dan pengendara motor yang hendak berbelok jangan lupa untuk menyesuaikan jalur.

“Jika ingin belok kanan, maka langsung mengambil lajur kanan. Begitu pun sebaliknya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/03/11/080200215/video-pengendara-wanita-tabrak-mobil-akibat-belok-sembarangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke