Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Listrik Terbaik di IIMS 2024, Trio Hyundai Terlaris

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta resmi berakhir pada Minggu, 25 Februari 2024.

Seremoni penutupan langsung dipimpin oleh Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung, Sabtu (14/2/2024).

"Penyelenggaraan IIMS 2024 berhasil menjadi pusat perhatian pecinta otomotif Tanah Air. Sebanyak 188 perserta termasuk 53 brand roda dua, roda empat, dan kendaraan listrik ramaikan pameran," kata dia.

Atas pencapaian tersebut, ia pun memberikan apresiasi kepada perserta IIMS 2024, termasuk yang memperkenalkan mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV).

Jelang penutupan IIMS 2024, terlihat pengunjung masih penasaran dengan beberapa produk otomotif yang diperkenalkan, seperti Denza D9.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 25 Februari 2024:

1. Resmi Ditutup, Berikut Daftar Mobil Listrik Terbaik di IIMS 2024

Tercatat sedikitnya ada sepuluh produk mobil listrik terbaik sepanjang pameran dari berbagai segmen. Misalnya BYD Atto 3 pada kelas medium SUV, Wuling Air ev untuk segmen city car, sampai jenis MPV, Maxus 9.

Namun yang menarik dari daftar tersebut, adalah mayoritas merupakan merek mobil asal China.

Pabrikan Jepang hanya diwakili oleh Mitsubishi melalui L100 EV dan BMW untuk produsen Eropa dengan model i7.

2. Ciri Shock Absorber Mobil Sudah Tidak Prima

Shock absorber atau peredam kejut pada mobil merupakan bagian dari suspensi mobil guna menunjang kenyamanan penumpang.

Sesuai namanya, peredam kejut bertugas meredam kejutan dari roda ketika mobil melewati jalan tidak rata. Jika komponen ini sudah rusak, maka penumpang akan merasa tidak nyaman.

Bahkan pada suatu kondisi bisa menyebabkan manuver mobil tidak akurat dan stabil, sehingga tidak hanya menurunkan kenyamanan tapi juga membahayakan penumpang.

3. Innova Zenix Hybrid Kembali Jadi MPV Terbaik di IIMS 2024

Melihat area pameran IIMS 2024, Innova Zenix Hybrid memang tidak memiliki kompetisi sebagai satu-satunya mobil medium MPV dengan teknologi hybrid.

Selain itu, popularitas Innova Zenix juga cukup tinggi, terbukti dari banyaknya pengunjung yang hadir dan mencari informasi terkait mobil hybrid satu ini.

Tidak hanya Innova Zenix, ada dua model Toyota lainnya yang juga sukses mengantongi trofi, yakni Toyota Rangga sebagai Best Commercial Car, dan GR Corolla sebagai Best Hatchback.

4. Trio Hyundai Terlaris di IIMS 2024

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyatakan bahwa jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 lebih banyak dibandingkan gelaran yang sama tahun 2023.

Saat ditanya perihal jumlah SPK, Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT HMID, mengklaim bahwa Hyundai mendapat penerimaan yang positif dari pengunjung IIMS 2024.

“SPK bagus, jadi kami target tahun ini jumlah SPK lebih besar dari tahun lalu. Dan sejauh ini hasilnya positif. Jadi kami optimistis sampai hari terakhir IIMS hasilnya akan tetap bagus,” ujar Budi, kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

"Sebenarnya produk-produk kami kayak Creta, Stargazer, dan Ioniq 5 masih mendominasi. Jadi SPK buat ketiga model itu masih mendominasi,” ucap Budi

5. Makin Banyak Pengunjung IIMS 2024 yang Penasaran dengan Denza D9

Terlihat antrean pengunjung penasaran dengan Denza D9 yang sebenarnya belum dijual di Indonesia. BYD sendiri di Indonesia baru memperkenalkan harga buat Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Namun belum meluncurnya MPV listrik tersebut tidak membuat pengunjung melewatkan bagaimana rasanya duduk di kabin. Denza sebenarnya merupakan anak perusahaan BYD Auto.

Secara dimensi, Denza D9 mirip dengan MPV mewah lainnya, seperti Toyota Alphard atau Lexus LM 350h. Panjangnya 5.250 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.920 mm, dan jarak sumbu rodanya 3.110 mm.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/26/060200715/-populer-otomotif-mobil-listrik-terbaik-di-iims-2024-trio-hyundai-terlaris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke