Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terulang Lagi, Anak Kecil Bawa Sepeda Listrik Bonceng 3 Ditabrak Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak kecil dengan sepeda listrik dan pengendara motor kembali terjadi. Imbas dari kurangnya kehati-hatian dan tidak memperhatikan jalan.

Kecelakaan yang diduga terjadi di Bogor, Jawa Barat itu terekam kamera CCTV salah satu toko. Nampak tiga orang anak kecil berboncengan menaiki sepeda listrik, salah satunya juga terlihat masih berusia balita.

Karena menyeberang tanpa memperhatikan jalan, ketiga anak tersebut langsung tertabrak pengendara motor dari arah belakang. Benturan yang terjadi juga cukup keras dan membuat semua korban terpental.

Beruntung ada cukup banyak pengguna jalan lain di lokasi, yang dengan sigap memberikan pertolongan dan segera mengevakuasi ketiga anak pengguna sepeda listrik.

Menanggapi video tersebut, sebagian besar warganet memberikan kritik bagi orang tua ketiga pengguna sepeda listrik. Banyak yang menganggap, kecelakaan ini terjadi karena minimnya pengawasan.

“Sepeda listrik meresahkan karna yang bawa bocil2..bawa ga pake aturan..udah itu dibolehin ke jalan mana ga pake pengaman..maap banget kali ini aku nyalahin orangtuanya,” tulis akun @nomnomkitchen

“Yang disalahkan orang tua nya, kenapa dikasih pinjem sepeda listrik nya goncengan 3 pula,” kata @yunitakhairunisa.

Menanggapi video ini, Agus Sani Head of Safety Riding AHM Wahana, memberikan tanggapannya dari segi keamanan dan keselamatan berkendara.

Agus menjelaskan, situasi anak kecil mengendarai sepeda listrik memang menjadi polemik yang semakin marak terjadi. Jumlah kecelakaan akibat situasi ini juga semakin meningkat.

Menyikapi kondisi semacam ini, Agus menganjurkan supaya pengendara motor selalu bersikap siaga dan sigap, khususnya dalam mengantisipasi risiko bahaya.

“Antisipasi bahaya itu penting dilakukan. Jadi ketika berkendara, kita harus bisa memprediksi titik-titik mana yang sekiranya bisa beresiko. Untuk berhati-hati, bisa dengan cara menurunkan kecepatan dan bersiap mengambil tindakan manuver,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Bilamana pengendara menjumpai anak kecil yang menggunakan sepeda listrik di sisi jalan, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah menurunkan kecepatan serta mengantisipasi. Jika diperlukan, sebaiknya pengendara mengalah saja.

“Kalau kita sudah mengantisipasi risiko dan menurunkan kecepatan, kecelakaan bisa dihindari. Dalam kondisi seperti di video, utamanya mengalah dan berikan jalan saja,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/12/091200615/terulang-lagi-anak-kecil-bawa-sepeda-listrik-bonceng-3-ditabrak-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke