Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airbag Tanpa Sabuk Pengaman Sama Juga Bohong

Dilansir dari "Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini" karya James Luhulima, airbag berfungsi untuk melengkapi sabuk pengaman atau safety belt.

"Pernyataan bahwa airbag melengkapi sabuk pengaman itu penting digarisbawahi, karena tanpa mengenakan sabuk pengaman, airbag justru berbahaya bagi pengendara da penumpang mobil," tulis buku dikutip Rabu (27/12/2023).

Alasannya ialah pada saat terjadi tabrakan, airbag yang tersimpan di tempatnya akan mengembang dengan kecepatan yang luar biasa cepat yaitu dalam hitungan satu 1/20 detik.

Jika pengemudi atau penumpang membentur airbag sebelum airbag mengembang secara penuh maka airbag justru akan mencederai.

"Airbag akan berfungsi menyelamatkan jika pengendara dan penumpang membentur airbag pada saat airbag sudah dalam keadaan menggelembung penuh," ujarnya.

Sebaliknya, dengan menggunakan sabuk pengaman, pada saat terjadi tabrakan maka gerakan maju pengemudi dan penumpang akan tertahan, sehingga ketika membentur airbag kondisi airbag sudah menggelembung penuh.

"Untuk menjadikan airbag lebih aman, maka proses penggelembungannya diatur dalam dua tahap dan disesuaikan dengan keras atau hebatnya tabrakan," ujar buku.

"Setelah mengembang penuh, airbag akan langsung kempis kembali sehingga memudahkan pengendara dan penumpang dengan cepat dan mudah keluar dari mobil," tulis buku pada halaman 179.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/27/102200615/airbag-tanpa-sabuk-pengaman-sama-juga-bohong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke