Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Ini Perbedaan Mobil FWD dan RWD Saat Oversteer | Daihatsu Lagi Menyiapkan Pesaing Suzuki Jimny

JAKARTA, KOMPAS.com - Oversteer merupakan kondisi di mana ban belakang mobil kehilangan cengkramannya pada jalan, sehingga kendaraan cenderung berbelok lebih tajam.

Peristiwa ini seringkali terjadi saat mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, terutama saat melewati tikungan atau saat permukaan jalan licin.

Untuk mencegah oversteer, pengemudi bisa mengemudikan mobil dengan lebih hati-hati. Namun, jika peristiwa ini terjadi antara mobil penggerak roda depan (FWD) atau penggerak roda belakang (RWD) mana yang lebih mudah dikontrol?

Selain itu, Daihatsu dikabarkan sedang berencana meluncurkan sport utility vehicle (SUV) berukuran kecil. Mobil tersebut digadang-gadang bakal menjadi pesaing Suzuki Jimny yang terkenal sebagai kendaraan offroad ringkas.

Dikutip dari Bestcarweb.jp, Selasa (28/11/2023), mobil baru itu disebut bakal diposisikan bersama mobil SUV yang sudah ada sebelumnya, yakni Daihatsu Taft, yang dihadirkan sebagai pesaing dari Suzuki Hustler. 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 29 November 2023 :

1. Ini Perbedaan Mobil FWD dan RWD Saat Oversteer

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, jika mobil FWD lebih mudah dikontrol saat mengalami oversteer dibandingkan RWD.

“Karena mobil front wheel drive (FWD), saat roda belakang selip, tinggal mengikuti roda depan yang antisipasinya dengan maintain gas,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

2. Daihatsu Lagi Menyiapkan Pesaing Suzuki Jimny

Masih berdasarkan sumber yang sama, calon pesaing Jimny itu kabarnya bakal menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) terbaru. Untuk menunjang jalan offroad, mobil ini juga akan dibekali dengan sistem penggerak 4x4.

3. Beli Honda Brio Satya Bisa DP mulai Rp 8 Jutaan

Honda Brio Satya merupakan salah satu mobil murah yang digemari masyarakat. Pasalnya, model ini memiliki tampilan sporty dan modern meski dimensinya kecil.

Tahun ini Brio Satya mengalami facelift dengan ubahan minor pada grill depan yang lebih besar. Sedangkan interior mengalami ubahan cukup berarti, salah satunya sudah mengadipsi sistem AC digital.

4. Jangan Salah, Mobil FWD Juga Punya Gardan

Gardan atau diferensial merupakan komponen yang berperan mengamankan perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri selaku penggerak.

Ketika mobil berbelok maka dibutuhkan perbedaan putaran roda kanan dan kiri sehingga tidak terjadi ketegangan pada as roda selaku komponen penggerak. Rupanya, gardan tidak hanya ada pada mobil penggerak roda belakang (RWD) karena mobil penggerak roda depan (FWD) juga membutuhkannya.

5. Tengok Avanza EV, Mobil Konversi Rakitan Anak SMK

Mobil sejuta umat dari Toyota yakni Avanza sekarang sudah ada versi konversi menjadi mobil listrik berbasis baterai. Kreasi ini diwujudkan tiga pihak, PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Pusat Keunggulan Tamansiswa Rancaekek.

Secara tampilan eksterior, Avanza lansiran 2010 ini memang terlihat standar saja. Tapi kalau tengok ke bagian ruang mesin, sudah tidak ada lagi mesin konvensional, melainkan diganti dengan baterai dan dinamo.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/30/060200715/-populer-otomotif-ini-perbedaan-mobil-fwd-dan-rwd-saat-oversteer-daihatsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke