Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil MotoGP Valencia 2023: Sempurna, Bagnaia Juara Dunia!

JAKARTA, KOMPAS.com -Francesco Bagnaia rider Ducati menjadi juara dunia MotoGP 2023, usai meraih kemenangan sempurna pada MotoGP Valencia, Minggu (26/11/2023). Berikut hasil balap MotoGP Valencia 2023.

Kemenangan ini tak lepas dari insiden yang dialami Jorge Martin sebagai pesaing terdekatnya, yang mengalami kecelakaan usai senggolan dengan Marc Marquez.

Posisi kedua ditempati oleh Fabio Di Giannantonio, dan Johann Zarco ada di podium ketiga.

Balapan utama MotoGP Valencia 2023 dimulai dengan Francesco Bagnaia start dari pole position. Bagnaia diuntungkan karena Maverick Vinales terkena sanksi mundur 3 posisi karena insiden pada sesi warm up.

Selepas start, Bagnaia langsung memimpin balapan. Sementara di belakangnya, ada Jorge Martin yang diikuti oleh Brad Binder.

Memasuki lap kedua, Bagnaia dan Martin langsung membuka jarak dengan para rivalnya hingga 0,2 detik. Meski demikian, Binder tidak menyerah dan mencoba memperkecil jarak dengan Martin.

Pada lap ketiga, Martin melebar saat masuk tikungan pertama dan merosot hingga posisi kedelapan. Namun, Martin masih belum menyerah dan tetap mengejar Bagnaia yang unggul 2,5 detik di depannya.

Memasuki lap keempat, Bagnaia terus diikuti oleh Binder yang hanya berjarak 0,2 detik di belakangnya. Sementara itu, Martin naik ke posisi ketujuh.

Masih ada Maverick Vinales, Marc Marquez, Johann Zarco, Jack Miller, dan Binder di depan Martin.

Pada lap kelima, Martin sempat mencoba menyalip Vinales. Namun, Vinales yang merasa tak kalah kompetitif merebut posisi keenam kembali.

Persaingan ketat tidak hanya terjadi antara Martin dengan Vinales. Marquez juga terlihat bersaing sangat ketat dengan Zarco.

Martin membuang harapan untuk merebut gelar juara dunia MotoGP. Sedangkan Marquez, harus rela balapan terakhirnya dengan Repsol Honda berakhir lebih cepat.

Sementara itu, Bagnaia terus mendapatkan tekanan dari Binder. Pebalap KTM tersebut berhasil menyalipnya pada posisi ketujuh. Bahkan, Miller juga mengikuti rekan setimnya untuk menyalip Bagnaia.

Memasuki lap kedelapan, Bagnaia bertahan di posisi ketiga. Sementara itu, Zarco yang ada di posisi keempat mencoba memangkas jarak dengan Bagnaia.

Tak sedikit pebalap yang terjatuh pada balapan utama ini. Pertama, Marco Bezzecchi yang terlibat insiden dengan Marquez. Kemudian, Martin dengan Marquez juga. Lalu, Enea Bastianini dan Augusto Fernandez juga terjatuh.

Pada lap ke-12, Bagnaia masih nyaman bertahan di posisi ketiga. Duo KTM di depannya, Binder dan Miller, juga terlihat cukup jauh terpisah jaraknya.

Memasuki lap ke-13, Binder unggul 1 detik di depan Miller. Sementara Miller, unggul 1,4 detik di depan Bagnaia. Namun, Bagnaia hanya terpaut 0,4 detik di depan Zarco.

Zarco berpotensi untuk merebut posisi ketiga dari Bagnaia. Sebab, Vinales cukup jauh berada di belakangnya. Pebalap Aprilia tersebut juga mendapatkan tekanan dari Alex Marquez.

Binder mencoba memperbaiki posisinya, sampai menyalip Alex dengan sangat agresif. Alex bahkan kehilangan dua posisi, karena Fabio Di Giannantonio juga menyalipnya.

Pada lap ke-17, FIM Stewards langsung memberikan sanksi terhadap Binder atas insiden dengan Alex. Binder mendapat sanksi untuk turun satu posisi.

Namun, sebelum menjalani sanksinya, Binder berhasil menyalip Vinales. Lalu, membiarkan Vinales untuk lewat lagi. Sehingga, posisinya tidak berubah sama sekali.

Memasuki lap ke-19, Binder akhirnya melewati Vinales. Terlihat performa Binder memang sedikit lebih unggul dibandingkan Vinales. Terbukti tak lama kemudian juga Di Giannantonio berhasil menyalip Vinales.

Sementara itu, Zarco semakin mendekati Bagnaia. Pada lap ke-21, jarak antara keduanya hanya terpaut 0,3 detik.

Di Giannantonio mampu melesat ke posisi kedua melewati Zarco. Bahkan Diggia sempat mendekat dan mengancam posisi Pecco Bagnaia, meski sampai akhir balapan Pecco mampu mengamankan posisi terdepan.

Hasil Balap MotoGP Valencia

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
2 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
3 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
4 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
5 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
7 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
9 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
10 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
11 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
13 Lorenzo Savadori ITA RNF Aprilia (RS-GP22)
Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)
Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/26/214339415/hasil-motogp-valencia-2023-sempurna-bagnaia-juara-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke