Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Mapping 8 di Motor Diggia, Team Order Ducati?

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang menyangka bahwa Ducati menggunakan strategi team order agar Francesco Bagnaia bisa menjadi juara dunia. Salah satu momennya terjadi pada balapan utama MotoGP Qatar 2023, Senin (20/11/2023).

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Losail tersebut, Fabio Di Giannantonio bersaing ketat dengan Bagnaia. Bahkan, pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut lebih unggul.

Saat Diggia mengejar Bagnaia, muncul pesan "Mapping 8" pada motornya, tepatnya pada lap ke-18. Pesan ini yang banyak dikira sebagai arahan untuk melakukan team order dari Ducati.

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, kode Mapping 8 yang dikirimkan ke motornya bukan untuk team order. Tapi, untuk memberitahu bahwa dia tidak memiliki banyak waktu lagi untuk menyalip Bagnaia.

"Sejujurnya, saya tidak mengira akan ada Bagnaia di depan saya saat balapan. Sebab, Bagnaia kesulitan sepanjang akhir pekan," ujar Diggia, dikutip dari Motorsport.com, Senin (20/11/2023).

"Jadi, saya pikir ada orang lain di depan, tapi ternyata itu Bagnaia. Tentunya, saya harus sedikit lebih berhati-hati dan saya juga meminta maaf karena kalau saya mencuri sedikit poin darinya, akan sangat disayangkan untuk kejuaraan," kata Diggia.

Diggia mengatakan, dia berencana untuk menyalip pada saat empat lap atau lima lap terakhir. Jadi, kode Mapping 8 artinya adalah sekarang saatnya untuk menyalip.

"Itu adalah sinyal yang bagus, karena saya tidak bisa melihat pitboard di setiap lap, karena ada banyak sekali dan saya tidak bisa melihat punya saya," ujarnya.

"Jadi, saya tidak tahu berapa lap lagi menuju akhir. Akhirnya, saya melihat 'mapping 8' dan saya mulai mencari pitboard saya. Saya lihat tersisa empat lap lagi. Jadi, saya mulai mencoba untuk menyalipnya sebersih mungkin dan kami berhasil," kata Diggia.

Sebelumnya, Ducati sendiri sudah menyangkal adanya team order. Sekarang, Bagnaia memiliki peluang lebih besar untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/20/152100615/penjelasan-mapping-8-di-motor-diggia-team-order-ducati-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke