Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Nekat Pakai Solar Murah, Catat Harga Injektor Pajero Sport | 11 Mobil Listrik yang Akan Meluncur di GIIAS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil diesel zaman sekarang yang mengadopsi common rail injection jangan pakai solar berkualitas buruk. Jika tidak bisa berakibat pada dalaman mesin seperti injektor yang bermasalah.

Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi, mengatakan, saat ini tak sedikit Pajero Sport diesel yang ganti injektor karena menggunakan solar yang tidak sesuai dengan cetane number (CN) yang direkomendasikan.

"Mobil diesel Pajero (Sport) ganti injektor, karena pakai solar biasa. Karena mustinya banyak bertanya, kemudian baca-baca, boleh tidak sih ini," ujar Apin yang ditemui Kompas.com, di sentra mobil Blok M, Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, pasar mobil listrik nasional akan semakin ramai. Pada ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, diprediksi setidaknya akan ada sebelas mobil listrik yang siap diluncurkan.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 8 Agustus 2023 :

1. Nekat Pakai Solar Murah, Catat Harga Injektor Pajero Sport

"Mobil diesel Pajero (Sport) ganti injektor, karena pakai solar biasa. Karena mustinya banyak bertanya, kemudian baca-baca, boleh tidak sih ini," ujar Apin yang ditemui Kompas.com, di sentra mobil Blok M, Jakarta, belum lama ini.

Apin mengatakan, jika sudah mesti ganti injektor maka pemilik mesti keluar uang tak sedikit.

"Injektor Pajero Rp 4,5 juta pakainya empat buah. Pemasangan harus di bengkel resmi karena harus diriset, disesuaikan nomornya sama komputer yang di mobil jadi bengkel umum tak bisa harus ke bengkel resmi, dan jasanya antara Rp 3 juta- Rp 4 juta," ujar Apin.

2. 11 Mobil Listrik yang Akan Meluncur di GIIAS 2023

Mercedes-Benz EQS SUV

SUV listrik ini pertama kali diluncurkan pada April 2021. Terdapat dua varian, yakni EQS 450+ yang memiliki tenaga 333 tk dan EQS 580 4Matic dengan tenaga 523 tk berpenggerak semua roda.

Mobil listrik ini tidak jauh berbeda dengan yang versi sedan, jika dilihat dari fiturnya. Perbedaan paling signifikan tentu pada dimensi dan interiornya yang lebih lapang. Selain itu, untuk varian 4Matic, terdapat mode berkendara Offroad.

3. PO Rosalia Indah Punya Tiga Kelas Berbeda dalam Satu Bus

Nama perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menjadi salah satu layanan bus AKAP yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ada berbagai layanan dan kelas yang diberikan oleh PO asal Palur tersebut, salah satunya bus double decker atau bus tingkat dengan layanan super mewah.

Salah satu bus tingkat milik PO Rosalia Indah trayek Poris – Malang menawarkan tiga pilihan kelas berbeda dalam satu unit bus. Pada lantai bawah atau dek pertama bus menawarkan kursi kelas first class dengan kursi model rebahan atau sleeper.

4. Toyota Prius Terbaru Sudah Terlihat di Area Parkir GIIAS 2023

Toyota Prius HEV model terbaru diperkirakan muncul di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang dimulai pada kamis (10/8/2023).

Terpantau, mobil hybrid tersebut sudah terparkir di area depan ICE BSD. Walaupun tertutup cover, nampak jelas siluet bodi khas Prius, dengan warna kuning lengkap dengan emblem HEV pada bagian samping.

Memiliki nama lengkap Prius Series Parallel Hybrid (HEV), mobil ini memiliki tiga varian dengan dua pilihan mesin, yakni 1.8L dan 2.0L.

5. Bus Jadul PO Lorena Mejeng di Salah Satu Taman Bogor

Saat ini berbagai perusahaan otobus (PO) kian giat meluncurkan bus baru dengan teknologi canggih dan desain modern.

Nantinya bus baru tersebut akan digunakan melayani penumpang menggantikan unit lama. Sementara itu, nasib unit bus lama akan dirombak, dijual atau bahkan dipotong-potong menjadi besi tua.

Namun, tidak sedikit pula PO yang justru merawat dan melestarikan unit bus jadul generasi pertamanya, salah satunya PO Lorena.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/09/060200015/-populer-otomotif-nekat-pakai-solar-murah-catat-harga-injektor-pajero-sport

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke