Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Honda WR-V dengan Wuling Alvez

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V resmi meluncur pada akhir tahun lalu. Kehadiran mobil baru Honda ini membuat persaingan di segmen small SUV lima penumpang menjadi lebih ramai.

Seperti diketahui, WR-V hadir menantang dominasi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang sudah lebih dahulu hadir dan kemudian memimpin pasar SUV segmen A. Adapun Alvez diposting untuk berhadapan dengan Hyundai Creta di segmen SUV B.

Namun, kali ini Kompas.com akan membandingkan Honda WR-V dengan Wuling Alvez. Sebab Alvez, mobil asal pabrikan China yang meluncur di IIMS 2023 Februari lalu itu punya keunggulan dari sisi fitur dan harga sehingga bersinggungan dengan segmen di bawahnya.

Desain

Eksterior WR-V dihiasi desain tesselated pada bagian gril depan yang tak jauh berbeda dari desain SUV RS Concept. Bagian depannya dilengkapi lampu LED lengkap dengan sentuhan aksen krom berwarna gelap dan sein sequential.

Beranjak ke bagian samping, tampak sekilas bodi WR-V ini mirip dengan HR-V generasi terdahulu (sebelum facelift) maupun Brio dengan lekukan tipis yang dinamis, memanjang dari lampu depan ke belakang.

Terlebih untuk bagian pintu baris kedua, dibuat ala coupe dengan peletakan hendel pintu pada Pilar C.

Sedangkan untuk bagian belakang, tidak banyak aspek yang dibahas secara jauh. Sebab terlihat lebih polos seperti buritan Brio, walau desain lampunya cukup dinamis dengan dihiasi LED bars.

Adapun Alvez mengincar konsumen muda karena itu desainya dibuat sporty. Fasia depan dihiasi gril yang yang berani, lampu LED DRL yang futuristik, serta Adjustable LED Projector Headlamp.

Wuling mengatakan siluet bodi yang sporty ini makin terasa dengan aplikasi Dynamic Dual-Tone Color di mana pilar kaca jendela berwana hitam dengan aksen chrome pada garis jendela, roof rail, electric adjustable & folding side mirror.

Selain itu penggunaan pelek alloy ukuran 16 inci bergaya cutting-edge membuat kaki-kaki lebih kekar. Sedangkan di bagian belakang cukup ramai dengan adanya Shark Fin Antenna, LED Rear Lamp, dan Rear Spoiler.

Dimensi

Dimensi WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm, dan ground clearance 220 mm. Meski demikian dimensi WR-V sedikit lebih besar dari dua produk kembar Toyota-Daihatsu, karena WR-V lebih luas dan tinggi.

Dimensi Alvez memiliki panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan sumbu roda 2.550 mm.

Secara dimensi tidak jauh berbeda dengan kompetitornya yaitu Hyundai Creta yang memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm.

Fitur

Honda WR-V dibekali fitur canggih bernama Honda Sensing, mulai dari Road Departure Mitigation, Collision Mitigation Brake System, serta Adaptive Cruise Control, baru aktif saat mobil mencapai kecepatan tertentu.

Walau begitu, fitur lainnya seperti Auto-High Beam dan Lead Car Departure Notification System (LCDN), tetap bekerja optimal untuk memastikan para pengemudi tetap maksimal berada di balik kemudi.

Apalagi, pada varian tertinggi WR-V sudah disematkan juga Honda Lanewatch untuk mengurangi blind spot di sisi sebelah kiri. Cara mengaktifkannya, cukup mudah yaitu tinggal mengaktifkan sein ke kiri.

Pada kondisi itu, layar sentuh 7 inci yang berada di tengah kontrol panel akan menampilkan sudut penglihatan tambahan ke kiri sebesar 80 derajat dan jarak maksimum sampai dengan 50 meter.

Fitur Remote Engine Start juga sudah menjadi standar yang kemudian ditambah dengan Auto A/C, enam speakers, Rear Seat Reminder, dan Walk Away Auto Lock.

Untuk fitur lainnya seperti Vehicle Stability Assist (VSA), ABS,EBD, BA, empat airbags, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, dan Parking Sensor di bagian belakang mobil sebagai perangkat standar.

Kenyamanan berkendara ditunjang layar sentuh 7 inci yang sudah tersemat dengan fitur Bluetooth, hands-free telephone, voice command switch, USB player, sampai ke koneksi ponsel pintar.

Adapun Wuling Alvez, dilengkapi dengan teknologi pintar Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terdapat pada produk Wuling lain yang mengaplikasikan Wuling Silver Logo.

Alvez juga dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) sebagai fitur keselamatan berkendara aktif, mencakup:

  • Adaptive Cruise Control
  • Bend Cruise Assistance
  • Traffic Jam Assistance with lane-keeping function
  • Intelligent Cruise Assistance with lane-keeping function
  • Safe Distance Warning
  • Forward Collission Warning Collision Mitigation System
  • Automatic Emergency Braking
  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance
  • Lane Departure Warning

Namun fitur ADAS dan WIND hanya tersedia pada tipe tertinggi yaitu Alvez EX.

Mesin

Mesin Honda WR-V menggunakan mesin HR-V 1.5, City Hatchback, City Sedan dan BR-V baru yang menjadi basis platform WR-V.

Walaupun menggunakan mesin yang sama dengan saudaranya tapi setingan ECU dibuat berbeda disesuaikan kebutuhan WR-V.

Honda WR-V menggunakan mesin berkode L15ZF. Rinciannya mesin 1.500 cc DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi katup i-VTEC yang mampu menghasilkan 121 tk dan torsi 145 Nm.

Adapun mesin Wuling Alvez serupa dengan mesin yang digunakan di Wuling Confero. Namun ada sedikit perbedaan pada setingan sehingga jumlah tenaga yang dikeluarkan juga berbeda

Mesin dengan kode N15 yang digunakan Wuling Alvez memiliki kubrikasi 1.485 cc 4 silinder naturally aspirated dengan teknologi katup DOHC DVVT.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 tk dan torsi 143 Nm. Adapun mesin Confero hanya menghasilkan tenaga sebesar 98 tk dan torsi 135 Nm.

Harga

- Harga Honda WR-V:

  • 1.5L E MT Rp 269,9 juta
  • 1.5L E CVT Rp 279,9 juta
  • 1.5L RS Rp 297,9 juta
  • 1.5L RS with Honda Sensing Rp 317,9 juta

- Harga Wuling Alvez:

  • Alvez SE Rp 209 juta
  • Alvez CE Rp 255 juta
  • Alvez EX Rp 295 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/12/100200415/komparasi-honda-wr-v-dengan-wuling-alvez

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke