Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Dua Harley-Davidson Murah, Pilih Buatan China atau India?

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek motor legendaris dari Amerika yakni Harley-Davidson kini mulai merambah ke segmen motor ringkas (di bawah 500cc). Tapi, strategi yang dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan merek lain di negara tujuan.

Sudah ada dua negara yang memiliki model Harley-Davidson sendiri, yakni China dan India. Untuk China, Harley bekerja sama dengan QJ Motor, sedangkan di India bersama dengan Hero MotoCorp.

Motor racikan Harley dan QJ Motor yakni X350 sudah diluncurkan pada pertengahan Maret 2023. Sedangkan yang di India, diberi nama X440 dan baru saja diperkenalkan akhir Mei 2023.

Pada kesempatan kali ini, redaksi mau membandingkan kedua motor (X350 dan X440) secara desain dan performanya. Mengingat kedua motor punya desain yang berbeda total, tidak identik walau mengisi segmen yang sama.

Secara desain, kedua motor memang menawarkan versi ringkas dari Harley-Davidson. Jadi ada beberapa bahasa desain yang dibawa dari motor besarnya ke motor yang lebih kecil.

Untuk X350, terlihat lebih gagah secara keseluruhan. Pada bagian kaki-kaki depan sudah memakai suspensi upside-down, di belakang monoshock. Ditambah di roda depan dipasang cakram ganda.

Sedangkan X440, tampak lebih konvensional, seperti motor-motor klasik sporty di India. Kaki-kaki depan juga sudah memakai suspensi upside-down, sedangkan belakang pakai shockbreaker ganda.

Pada bagian buritan juga tampak X350 lebih dinamis desainnya, berbeda dengan X440 yang sederhana. Tapi secara desain, memang beda-beda tipis kedua motor ini.

Soal desain memang kembali lagi ke selera. Kalau mau motor yang lebih gagah dan sporty, bisa menyukai X350 yang dijual di China, sedangkan yang simpel, bisa menengok X440 di India.

Hal kedua yang bisa dibandingkan adalah mesin. X350 memakai mesin 353cc dari QJ Motor, dua silinder dan menghasilkan 36 TK dan torsi 31 Nm.

Sedangkan untuk Harley X440 yang baru diluncurkan di India, belum keluar spesifikasi detailnya. Tapi, mesin yang digunakan diduga kuat adalah 440cc satu silinder, menghasilkan tenaga sekitar 30 TK dan torsi 40 Nm.

Soal harga, Harley X350 di China dibanderol 33.388 Yuan atau setara Rp 74 jutaan. Sedangkan Harley X440 di India, diprediksi akan dijual 250.000 Rupee sampai 300.000 Rupee atau rentang Rp 40 juta sampai Rp 50 jutaan.

Jadi dari kedua motor ini, mana yang pembaca lihat lebih menarik? Harley China atau Harley India?

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/170100515/komparasi-dua-harley-davidson-murah-pilih-buatan-china-atau-india-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke