Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mekanisme Penyebaran Traffic Cone Saat Ada Contraflow di Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas contraflow di jalan tol kerap ditemui saat jam sibuk. Misal saat jam masuk kerja atau pulang kerja, jalur yang lebih sepi dikorbankan agar kepadatan bisa terurai.

Selain saat jam-jam ramai, contraflow juga ramai dilakukan saat sedang mudik di Lebaran 2023. Misal saat arus mudik, ada contraflow di tol yang mengarah ke Jawa Tengah dari Jakarta, begitu juga sebaliknya saat arus balik.

Biasanya, di tengah jalur contraflow ini dipasang traffic cone atau kerucut lalu lintas yang berwarna oranye. Tugas dari kerucut tersebut tentu untuk memisahkan antar jalur, sehingga diharapkan tidak terjadi adu kambing.

Pada video singkat yang diunggah akun GNFI ke Instagram, diperlihatkan bagaimana proses penempatan kerucut sepanjang jalur contraflow. Bagi yang penasaran, ternyata pemasangannya masih dengan tangan.

Tampak pada video tersebut, ada tiga orang yang berdiri di atas bak truk engkel petugas tol yang membawa puluhan traffic cone. Satu orang bertugas menaruh kerucut tersebut, sedangkan dua lainnya menyusun agar memudahkan proses penempatan.

Memang tampak berbahaya, tetapi truk yang ada di lajur kanan tersebut melaju dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Lampu hazard dinyalakan sebagai indikator kalau truk berjalan lebih lambat dari kecepatan yang semestinya di lajur paling kanan.

"Akhirnya gue bisa tidur dengan tenang," ucap salah satu netizen dikutip Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Bukan cuma netizen yang merasa lega karena tahu bagaimana proses sebelum pembukaan contraflow, tapi ada juga yang khawatir. Mengingat keselamatan petugas yang menaruh traffic cone juga dipertaruhkan.

"Harusnya ada yang otomatis,", "Enggak bahaya ta?," ucap netizen yang mempertanyakan proses pemasangan traffic cone yang dirasa kurang aman.

Tapi di balik itu, pekerjaan para petugas membuka jalur contraflow ini sangat membantu banyak orang. Nantinya setelah selesai, kerucut tadi kembali diambil secara manual, belum dengan mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/114200015/mekanisme-penyebaran-traffic-cone-saat-ada-contraflow-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke