Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berulang Kali Jatuh di Awal Musim, Joan Mir Mulai Cuek

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara dunia MotoGP 2021, Joan Mir sedang mengalami fase sulit. Lima balapan pertama musim ini dia belum mendapat hasil yang baik bersama motor Honda RC213V.

Pada awal musim tempat terbaiknya hanya finis posisi ke-11 di balapan pembuka MotoGP Portugal. Setelah itu dia kerap kali jatuh bahkan totalnya 8 kali jatuh selama lima akhir pekan balapan.

Mir mengatakan, meski belum dapat hasil yang baik dia mengatakan tidak terlalu ambil pusing. Usai balapan dia berusaha tidak lagi memikirkan balapan dan berusaha santai dengan keluarga.

"Setelah akhir pekan yang sulit, saya berhenti total. Saya tidak memikirkan tentang sepeda atau apa pun lagi. Saya hanya memikirkan kehidupan sehari-hari saya di Andorra untuk berlatih. Saya suka itu," ujar Mir dilansir dari Motorsport-Total.com, Rabu (26/5/2023).

Seperti banyak pebalap MotoGP yang lain, Mir telah tinggal di Andorra selama beberapa tahun. Pada pertengahan 2022, dia menikahi pacar lamanya, Alejandra.

"Saya mempersiapkan diri langkah demi langkah (untuk akhir pekan depan) dan tidak terlalu banyak bertanya pada diri sendiri," ujar Mir.

"Saya tidak ingin berpikir terlalu banyak, saya hanya ingin bekerja hari demi hari. Saya bersama keluarga saya. Biasanya begitulah cara saya mempersiapkan balapan. Saya tahu apa yang saya inginkan dan bekerja sekeras yang saya bisa," kata dia.

Masalahnya kata Mir, motor RC213V tidak sesuai keinginannya. Motor Honda sulit dipahami karena hampir tidak ada peluang pengujian, sedangkan balapan akhir pekan adalah pengujian dalam kondisi kompetitif.

"Ini masalah waktu sebelum kita membereskan semuanya. Tapi tentu saja benar bahwa saat ini sulit. Kami berada dalam fase di mana kepercayaan diri saya dan semuanya sangat rendah," ujar Mir.

"Bagian kedua musim lalu sudah sulit. Sulit lagi tahun ini. Jika kami berhasil keluar dari sana, maka kami tidak akan berakhir di sana lagi. Karena itu membuatmu lebih kuat," ujar Mir.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/104200515/berulang-kali-jatuh-di-awal-musim-joan-mir-mulai-cuek-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke