Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Istilah "Ngobos" pada Mobil Mesin Diesel

SOLO, KOMPAS.com - Istilah ngobos sering terdengar di dunia otomotif, khususnya di mesin mobil diesel. Ketika montir sudah memvonis unit mengalami ngobos, biasanya salah satu solusinya adalah turun mesin.

Permasalahan mesin ini memang termasuk kendala cukup serius karena berhubungan dengan kompresi ruang bakar. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud ngobos ini sehingga ditakuti oleh sebagian besar pengguna mobil diesel?

Esa pemilik Bengkel Denso Esa Diesel mengatakan ngobos merupakan kondisi mesin yang mengalami bocor kompresi, sehingga ruang oli menjadi bertekanan.

“Gejala mesin diesel mengalami ngobos adalah ada uap panas yang berlebih muncrat dengan oli mesin ketika tutup oli atau dipstick dibuka, namun tidak sedikit yang salah paham dengan kendala ini,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan oli saat mesin bekerja memang normalnya akan muncrat sebagai tanda bahwa pelumasan terjadi dengan baik.

Sedangkan tekanan uap di ruang oli juga ada karena efek putaran piston. Ketika piston mendorong ke bawah, maka udara di ruang oli akan mengalir mencari lubang pernapasan.

“Kendati memang ada uap bertekanan atau oli yang muncrat ketika tutup oli dibuka, itu juga bisa saja termasuk kondisi normal, sehingga tidak mudah untuk memvonis mesin mengalami ngobos,” ucap Esa.

Menurut Esa mesin yang ngobos akan memuntahkan oli mesin dalam jumlah yang banyak diikuti dengan uap panas yang berlebihan. Bahkan, bisa sampai dijumpai asap putih.

“Karena ngobos itu dampak bocornya kompresi di ruang bakar, sedangkan macam solusinya bisa beragam karena penyebabnya juga tidak hanya dari satu kerusakan, bisa lebih dari satu,” ucap Esa.

Esa mengatakan ngobos bisa disebabkan dari rusaknya ring piston, sehingga kompresi menembus ke bawah. Bisa juga disebabkan oleh rusaknya cincin injektor, akibatnya kompresi bocor lewat sana.

“Bisa dibedakan, mana ngobos yang harus turun mesin, dan mana yang cukup dengan melakukan kalibrasi injektor, jangan sampai salah melakukan diagnosis karena itu akan merugikan pelanggan,” ucap Esa.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/101200015/mengenal-istilah-ngobos-pada-mobil-mesin-diesel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke