Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Merpati Transport Rilis Bus Pariwisata Mirip Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Merpati Transport akhirnya merilis bus baru untuk memperkuat layanan transportasi pariwisata.

Sebelumnya, kabar pembuatan unit bus baru milik PO asal Bali tersebut telah dibocorkan melalui foto yang diunggahan pada story Instagram @merpati.transport.

Pada bocoran foto menampilkan satu unit bodi bus dengan kelir biru muda yang sedang dalam tahap perakitan. Sebelumnya juga telah disebutkan bila bus dirakit di garasi milik Karoseri Tentrem.

Sesuai dengan bocoan foto, saat dirilis bus menggunakan kelir biru muda yang menjadi ciri khas PO Merpati Transport.

Bila sebelumnya masih tampil polos, kini bus telah disematkan oleh berbagai komponen penting yang disematkan seperti kaca, livery, pintu dan bangku.

Kaca spion, lampu-lampu atau komponen kelistrikan pada bus juga sudah disematkan pada bus dengan balutan bodi Avante H8 Facelift tersebut.

Keunggulan dari bodi Avante H8 yakni pada dimensi tingginya yakni 3,8 meter. Kemudian, bagasinya mampu untuk membawa motor. Semntara itu, bus ditopang oleh sasis dari sasis Hino RM280.

Untuk fasia depan, bus tampil menggunakan model double glass dengan kaca jenong. Berbeda dengan bus generasi sebelumnya, kali ini pada bagian bando disematkan tulisan Merpati Bali.

Kemudian, pada bagian kaca samping bus terbaru tersebut tampil lebih bersih tanpa selendang. Namun tetap terlihat gagah dengan adanya detail punuk.

Bergeser ke bagian interior, berbeda dengan bus pariwisata kebanyakan, kabin bus tersebut justru dilengkapi toilet dan ruang khusus merokok pada area belakang seperti bus AKAP.

Kemudian bus terdiri dari 45 unit kursi penumpang dengan konfigurasi dua kanan dan dua kiri. Selain itu, bus juga dilengkapi dengan coolbox, port usb, AC dan lampu baca dan dispenser air minum.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/082200115/-po-merpati-transport-rilis-bus-pariwisata-mirip-bus-akap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke