Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksesori Ini Bisa Memantau Kondisi Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Trade Show for Automotive Industry (INAPA) yang merupakan ajang pameran industri otomotif terbesar di ASEAN sudah dibuka. Pameran ini berlangsung pada 24-26 Mei 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Sesuai dengan namanya, pameran ini menghadirkan banyak terobosan baru dalam ranah otomotif. Mulai dari kendaraan listrik sampai teknologi terbaru.

Satu teknologi unik yang ada di INAPA 2023 didatangkan oleh Steelmate, perusahaan car safety spesialis sensor mobil asal Guangdong, China.

Pabrikan ini membawa teknologi sensor unik yang bisa memantau kondisi kesehatan dari keempat ban mobil secara real-time. Tidak hanya tekanan angin saja, tapi juga temperatur, kebocoran bahkan tingkat ketebalan pada ban.

“Bicara soal keselamatan berkendara mobil, tentunya bagian yang sangat vital adalah ban. Jika komponen ini bermasalah atau rusak dan pengendara telat memprediksi, kecelakaan hanya tinggal menunggu waktu,” kaya Will Zhang, Sales Manager Steelmate kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Zhang menjelaskan, teknologi ini merupakan aksesori plug and play, artinya pemasangannya tidak rumit dan sangat mudah dilakukan. Pengendara cukup mengganti keempat pentil bawaan pada roda dengan milik steelmate yang sudah dilengkapi sensor.

Nantinya, keempat sensor tersebut akan terhubung dengan panel kontrol bertenaga surya yang dipasang di dashbor mobil.

“Usia pemakaian produk kami sangat panjang, lebih dari lima tahun. Selain itu, aksesori ini juga tidak membutuhkan daya listrik tambahan yang bisa membebani aki. Cukup dipasang saja,” ucap Zhang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/091200015/aksesori-ini-bisa-memantau-kondisi-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke