Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Jadinya kalau BMW GS Diet Total buat Dibawa Off-Road

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW R1250GS atau bisa disebut GS menjadi motor legendaris dengan keandalannya dibawa bertualang. Tidak jarang BMW GS dibawa touring keliling dunia karena kemampuannya.

Modifikasi yang biasa dilakukan pada BMW GS di antaranya pemasangan boks, pannier, sampai pelindung bodi agar makin tangguh dibawa jalan jauh. Namun, berbeda dengan modifikasi yang dilakukan Oldtimer Middle East untuk BMW GS.

Bengkel modifikasi di Uni Emirat Arab (UEA) ini mengubah BMW GS yang biasa jadi motor touring ini ke off-road. Artinya, ornamen tidak penting dilepas atau diganti dengan yang lebih ringan, atau diet total.

Dikutip dari Rideapart, Oldtimer mengambil inspirasi modifikasi dari BMW HP2 Enduro, konsep motor enduro dari BMW yang super ringan. Pemiliknya ingin motor seringan KTM 890 Adventure, tetapi dengan tenaga dua kali lipat.

Memang jadi tugas yang berat bagi Oldtimer, sama saja menguras bobot sekitar 50 kg dari BMW GS yang beratnya di 250 kilogram. Sebagai permulaan, berbagai komponen dilepas, tinggal komponen penting yang menjaga motor agar tetap street legal.

Oldtimer melepas standar dua dan dudukannya yang memang tidak diperlukan pada motor off-road. Jadi bobot berkurang, ditambah ground clearance yang makin tinggi, subframe bawaan juga diganti dengan custom dari bahan titanium.

Lalu, dari sisi knalpot juga diganti total, pakai header titanium dari Akrapovic, dan silincer slip-on untuk S1000RR GP. Jadi secara bobot lebih ringan, performa meningkat, secara tampilan juga makin estetik.

Boks filter udara juga dicabut oleh Oldtimer, diganti dengan pod filter yang lebih kecil. Semua baut juga diganti dengan titanium, diet bobot ekstrem sampai hal-hal kecil.

Untuk melindungi motor, mengingat GS ini akan dibawa off-road, berbagai komponen pelindung dipasang. Misal di mesin GS yang melintang, dipasang Wunderlich cylinder head guard.

Lalu, beberapa ornamen pelindung juga memakai bahan serat karbon yang kuat dan 50 persen lebih ringan. Semua modifikasi tadi, ditotal, berhasil menghemat bobot 40 Kg, artinya motor jadi punya bobot sekitar 210 kilogram.

Agar makin maksimal, Oldtimer juga memaksimalkan performa standar dari BMW GS dengan melakukan tuning. Hasilnya, mesin dua silinder boxer tersebut mengeluarkan 150 TK dan torsi 128 Nm.

Sebenarnya masih bisa dikurangi lagi bobotnya, tapi nanti tidak street legal. Misal mencabut lampu depan dan belakang, sistem ABS, dan sebagainya, bobot bisa kurang dari 200 kg, ekstrem.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/24/162100215/begini-jadinya-kalau-bmw-gs-diet-total-buat-dibawa-off-road

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke