Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Barang Muatan Kayu Terbang di Jalan Tol, Mobil Lain Jadi Korban

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi insiden di Tol Cipularang, di mana satu unit mobil terkena kayu yang terbang dan terjatuh dari mobil pikap.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Senin (22/5/2023), terlihat kayu yang terjatuh dari pikap yang bermuatan. Kayu tersebut mengenai pilar A dan kaca spion mobil yang berada di belakangnya.

Kejadian tersebut tentu sangat berbahaya dan bisa fatal akibatnya jika pengguna jalan tidak waspada.

Bagi pemilik kendaraan, jika bertemu dengan mobil bermuatan ada antisipasi yang bisa dilakukan. Pertama jaga jarak dengan kendaraan bermuatan.

“Jangan merasa aman-aman saja, sekalipun muatan sudah ditutup, karena semua kemungkinan terhadap risiko buruk bisa terjadi,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Menurut Sony, hal tersebut bisa dihindari dengan kebiasaan mata bergerak melihat titik-titik sekitar kendaraan.

“Pertama, kaca spion untuk memastikan di sisi kiri atau kanan ada ruang yang aman untuk menghindar. Kedua, objek-objek yang berpotensi bahaya atau muatan terbang,” kata Sony.

Selanjutnya, perhatikan kecepatan kendaraan sekitar. Setelahnya, usahakan objek yang terbang dibenturkan ke bodi dengan cara manuver ke kanan, kiri atau melakukan pengereman.

“Semua adalah tindakan antisipasi. Tidak ada yang benar-benar aman di kondisi tersebut. Tapi paling tidak reaksinya terukur dan mampu meminimalisasi risiko bahaya,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/23/162100515/barang-muatan-kayu-terbang-di-jalan-tol-mobil-lain-jadi-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke