Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Tenaga Yaris Cross Bensin, Hyundai Creta, dan Honda HR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan Yaris Cross yang menjadi pemain baru sebagai SUV ringkas mengisi segmen B.

Ada dua tipe yang ditawarkan Toyota, yakni Yaris Cross hybrid dan satu lagi mesin bensin berkapasitas 1.500 cc Dual VVT-i.

Kehadiran Toyota Yaris Cross tak hanya menambah daftar pilihan SUV yang memang pasarnya sedang tumbuh, tapi juga memperketat peta persaingan di segmennya.

Untuk Yaris Cross versi bensin, akan bersaing dengan beberapa rival utama, yakni Honda HR-V dan juga Hyundai Creta yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc non-turbo.

Soal desain visual, jelas ketiganya jauh berbeda meski sama-sama punya kemasan dimensi bodi yang ringkas untuk menampung empat sampai lima penumpang.

Namun bagaimana soal performanya, antara Hyundai Creta, Honda HR-V, dan Toyota Yaris Cross, kira-kira mana yang paling bertenaga?

Berdasarkan data di atas kertas, mesin 1.500 cc Toyota Yaris Cross mampu menghasilkan tenaga sebesar 78 kW atau setara 106 tk dan torsi 138 Nm.


Olahan tenaga dari mesin yang serupa Veloz tersebut, ditransfer ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan CVT dengan performance response.

Sementara Honda HR-V, dengan mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC, diklaim mampu menyuplai tenaga maksimal hingga 119 tk dan torsi yang lebih besar, yakni 145 Nm via transmisi CVT.

Untuk Hyundai Creta, mesinnya memproduksi tenaga 113 tk di 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Ada dua pilihan transmisi yang disediakan, yakni manual 6 percepatan dan iVT.

Dari data tersebut, bisa terlihat urusan tenaga, Honda HR-V lebih dominan. Demikian juga untuk momen puntir atau torsi yang dihadirkan.

Posisi kedua ditempati Hyundai Creta, sementara Yaris Cross bensin sebagai pendatang baru berada pada urutan ketiga.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/22/110200515/adu-tenaga-yaris-cross-bensin-hyundai-creta-dan-honda-hr-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke