Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Dijual Terbatas, Air ev Bekas KTT ASEAN 2023 Diskon Rp 15 Juta | Subsidi Kendaraan Listrik Dievaluasi, Mau Dibikin Lebih Simpel

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors Indonesia memastikan bahwa seluruh produk kendaraan listrik Air ev yang digunakan dalam mendukung mobilitas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dijual.

Hanya tersedia 50 unit, mobil listrik berbasis baterai yang sudah dirakit di dalam negeri tersebut diberi diskon Rp 15 juta. Para peminat bisa segera memesannya di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

"Nanti Rp 15 juta itu ditambah setelah potongan PPN (harga setelah diterapkan insentif pembelian mobil listrik). Jadi tentunya semakin terjangkau," kata Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Selain itu, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengungkapkan, sedikitnya ada dua hal yang menjadi perhatian dalam evaluasi kebijakan bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia.

Pertama, soal subsidi pembelian motor listrik yang tidak ditunjukkan untuk semua kalangan melainkan golongan masyarakat tertentu yang dinilai tidak mampu serta UMKM.

"Kami rapat mengevaluasi kebijakan itu di mana letaknya dan yang jadi masalah. Jadi teman-teman sekalian, karena subsidi, maka itu tidak bisa dinikmati oleh semuanya, sehingga itu penyebab lambat," katanya di usai meresmikan PEVS 2023 di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 17 Mei 2023

1. Dijual Terbatas, Air ev Bekas KTT ASEAN 2023 Diskon Rp 15 Juta

"Semuanya ialah varian Long Range (tipe tertinggi Air ev) dan hanya 50 unit ya," lanjutnya. Dengan program khusus tersebut, maka Air ev bekas KTT ASEAN dilepas Rp 254 jutaan.

Mengingat setelah insentif pembelian mobil listrik resmi diterapkan, mobil mungil ini harganya menjadi Rp 269,5 juta dari sebelumnya Rp 299,5 juta.

2. Subsidi Kendaraan Listrik Dievaluasi, Mau Dibikin Lebih Simpel

Selanjutnya, pria yang menjabat Ketua Umum Periklindo itu juga menyebut belum adanya restitusi atau ganti rugi jadi hambatan lain pelaksanaan subsidi untuk pembelian KBLBB. "Yang kedua bisa-bisa ada restitusi.

Jadi pajak 10 persen dan 1 persen yang ditanggung pembeli, tapi diler menanggung restitusi. Nah dikhawatirkan dengan restitusi setahun baru dibayar pemerintah, maka itu akan menjadi beban bagi diler-diler," kata dia.

3. Hitung Konsumsi BBM Toyota Agya LCGC Terbaru di Dalam Kota

Agya menjadi salah satu jagoan Toyota di segmen mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC). Toyota Agya tak hanya dibekali dengan desain yang lebih modern namun juga memiliki konsumsi bahan bakar yang wajib irit, sesuai regulasi.

Fakta di atas kertas, Agya dibekali mesin yang sama seperti Raize yaitu berkode WA-VE 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-i, dikombinasikan dengan transmisi CVT untuk varian matiknya.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 11,52 Nm pada putaran mesin hingga 4.500 rpm.

 4. Mobil Listrik MG4 EV Cetak Rekor MURI di PEVS 2023

Morris Garages (MG) Motor Indonesia tidak hanya sekadar memamerkan MG4 EV pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di JIExpo Kemayoran. Mobil listrik tersebut juga mencetak rekor MURI.

MG Motor Indonesia mencetak sejarah dengan menjadi produsen mobil pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik sebagai sumber daya listrik utama dalam pertunjukan musik.

5. Selis E-Max Long Range, Jarak Tempuh Sejauh 230 Km

Di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, Selis memamerkan teknologi baterai yang lebih canggih dari sebelumnya. Di mana motor listrik Selis kini dapat menempuh jarak tempuh yang lebih jauh, yaitu sampai dengan 230 km.

Produk motor listrik yang dimaksud adalah Selis E-Max Long Range, yang menggunakan baterai yang dibantu kembangkan oleh SMD.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/19/060200015/-populer-otomotif-dijual-terbatas-air-ev-bekas-ktt-asean-2023-diskon-rp-15

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke