Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Perbedaan Toyota Yaris dan Yaris Cross

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan All New Toyota Yaris Cross di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas kelas B, bakal dipasarkan dengan rentang harga Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Adapun untuk nama Yaris Cross sengaja dipilih lantaran mobil ini menyasar market milenial.

“Yaris merupakan nama yang sudah dikenal untuk compact car. Selain itu, dari dulu sudah ada penelitian dan kami ingin mobil ini diterima oleh kalangan muda dan memberikan pengalaman fun to drive dengan harga yang kompetitif. Maka dari itu tetap menggunakan nama Yaris,” ucap Toru Uda Chief Engineer of All New Yaris Cross, Senin (15/5/2023).

Lantas apa perbedaan Yaris Cross dan Toyota Yaris yang belum lama ini mendapat penyegaran di Tanah Air?

Untuk diketahui, Yaris Cross merupakan mobil SUV ringkas kelas B 5 seater, sementara Toyota Yaris merupakan kendaraan jenis hatchback 5 seater.

Selain itu Yaris Cross memiliki desain tangguh SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi yakni 260 mm. Sedangkan desain Toyota Yaris kental dengan nuansa hatchback khas mobil perkotaan.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya sengaja menghadirkan Yaris Cross di Indonesia.

Ini sebagai bentuk komitmen dalam menghadirkan mobilitas dan menyediakan berbagai pilihan kendaraan pada setiap segmentasi pasar. Sebab, Toyota belum memiliki kendaraan SUV di segmen B.

“Segmentasi di indonesia gemuknya (mobil) di bawah Rp 500 juta, itu kira-kira 75 persen. Mungkin di angka Rp 300 jutaan semakin banyak model-model. Jadi ini akan memberikan pilihan bagi konsumen,” kata Anton, di Jakarta, Senin (15/5/2023).

“Kalau ditanya ada gesekan atau tidak (antara Toyota Yaris dan Yaris Cross) pasti ada. Tapi prediksi kita justru ini akan menambah market dan pangsa pasar Toyota. Kita juga belum masuk di segmen SUV medium 5 seater, dan kalau kita tidak menyajikan model di segmen ini konsumen bisa saja melirik produk kompetitor atau brand-brand yang lain,” lanjut Anton.

Bicara soal harga, Yaris Cross dipasarkan di kisaran Rp 300 juta sampai Rp 400 juta dengan tiga varian dan dua pilihan mesin yaitu tipe G, S, dan GR.

Sementara untuk Toyota Yaris dipasarkan mulai Rp 326,1 juta untuk tipe terendah, sampai Rp 349 juta untuk tipe tertinggi. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/16/123531815/ini-perbedaan-toyota-yaris-dan-yaris-cross

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke