Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Desain Interior All New Toyota Agya, Lebih Nyaman dan Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meluncur di Indonesia hampir 10 tahun lalu, Toyota Agya akhirnya mendapatkan perubahan secara menyeluruh, tak hanya dari sisi eksterior, interior namun juga sektor mesin.

Sebelumnya tim redaksi sudah membahas desain eksterior Toyota Agya. Kini saatnya mengulik bagaimana tampilan dan kenyamanan interior mobil murah yang masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) tersebut.

Secara keseluruhan mobil ini didominasi dengan warna hitam, dengan material plastik pada dasbor dan doortrim.

Bagian jok dilapisi material fabric dengan aksen belah ketupat. Pengaturan jok masih manual, dan belum dilengkapi dengan pengaturan ketinggian jok (hanya maju mundur dan rebah jok).

Setir mobil sudah menggunakan model palang tiga, dengan material kulit berwarna hitam dan sedikit aksen silver. Di sisi sebelah kiri setir, sudah terdapat tombol audio steering switch.

Untuk pengaturan setir baru bisa tilt dan belum telescopic, ini mungkin bisa mengurangi sedikit ergonomis pengemudi saat berkendara.

Namun menariknya, untuk tipe G CVT yang tim redaksi coba, pada belakang kemudi sudah terdapat tuas paddle shift yang dapat memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Di bagian dasbor ada layar entertaiment berukuran 7 inci yang sudah mirrorlink, dengan sudah memiliki koneksi bluetooth. Kemudian di bawah layar head unit terdapat kisi-kisi AC dan pengaturannya yang sudah digital.

Sementara itu, desain konsol tengah cukup minimalis, dengan dua cup holder, tuas transmisi, hand brake, serta kompartemen yang bisa digunakan untuk menaruh ponsel atau barang lainnya.

Pada bagian penumpang belakang, meski mobil ini tergolong mobil perkotaan yang memiliki desain mungil, leg room (ruang kaki) dan head room (ruang kepala) masih cukup nyaman terutama bagi mereka yang memiliki tinggi 168 cm.

Di baris kedua fasilitas yang disajikan juga cukup minim, di mana tidak memiliki armrest dan port charging. Hanya ada cup holder pada konsol tengah serta sisi pintu kiri dan kanan.

Secara keseluruhan, kabin Toyota Agya menyajikan aura sporty dengan dominasi warna hitam. Mengingat mobil ini berstatus LCGC, memang tidak banyak fasilitas yang disajikan.

Namun, penyegaran yang ditampilkan dari generasi sebelumnya cukup menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, mulai dari headrest yang sudah dibuat terpisah, serta layout dasbor dan bentuk transmisi yang dibuat lebih modern.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/15/160100015/bahas-desain-interior-all-new-toyota-agya-lebih-nyaman-dan-modern

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke