Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wanita Beli Sepeda Motor Harus Menyesuaikan Postur Tubuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor wanita semakin banyak di jalan raya. Namun, kebiasaan berkendara para wanita kalau diperhatikan bisa menimbulkan bahaya, tidak hanya pengemudi itu sendiri tetapi juga bagi orang lain.

Seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @mintolink, Sabtu (15/5/2023). Dalam rekaman tersebut terlihat seorang wanita yang mengendarai motor skutik bongsor hendak memasuki jalan.

Namun, tak berselang lama wanita tersebut hilang keseimbangan hingga kemudian ambruk. Hal ini antaran motor yang dikendarai terlalu besar dan tidak sesuai dengan postur tubuhnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kebanyakan wanita tidak terlalu sadar akan faktor keamanan dalam berkendara. Seperti contoh dasarnya, banyak wanita yang asal mengendarai jenis motor tanpa menyesuaikan dengan postur tubuhnya.

Selain itu, menurut Agus, dengan menyesuaikan jenis motor dan postur tubuh akan membuat pengemudi nyaman ketika berkendara.

“Agar berkendara kita lebih nyaman, karena sepeda motor tidak dapat seimbang sendiri tanpa bantuan dari pengendara, terutama saat berhenti,” kata Agus.

Terlebih, jenis motor yang lebih besar dari postur tubuh pengemudi bebannya akan terasa berat. Ketika kaki salah dalam berpijak, bisa langsung hilang keseimbangan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/15/104200715/wanita-beli-sepeda-motor-harus-menyesuaikan-postur-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke