Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sedan Mewah Mercedes-Benz Hangus Terbakar, Pahami Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden mobil terbakar kembali terjadi. Kali ini menimpa sedan mewah Mercedes-Benz c180 di Jalan Jakarta Garden City, Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (12/5/2023).

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @damkarjakartatimur, terlihat api besar dan kepulan asap hitam menyelimuti sedan mewah asal Jerman tersebut. Pada slide berikutnya terlihat pemadam kebakaran berhasil memadamkan api, namun kondisi mobil sudah habis dilalap si jago merah.

Dikutip dari Antara, Sabtu (13/5/2023), Kepala Seksi (Kasi) Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan peristiwa kebakaran terjadi pukul 12.12 WIB, ketika mobil yang dimiliki Aulia sedang dibawa keluar rumah.

“Ketika baru meninggalkan cluster, keluar asap dari komponen AC. Lalu, korban langsung putar balik ke arah rumahnya,” ucap Gatot.

Agar kejadian seperti itu tidak terulang, ada baiknya jika pemilik kendaraan mengetahui penyebab dan ciri mobil yang akan terbakar hingga langkah-langkah penyelamatan yang harus dilakukan.

Gilang Budiman, pemilik showroom Karunia Panca Selaras Group mengatakan, kemungkinan yang menyebabkan mobil Mercedes-Benz lawas (rentang tahun 2000-2004, seperti C180, C200, C230, C240, C280) terbakar.

“Mercy itu kan sudah usia, jadi dia punya modul AC dan komponen lain biasanya sudah rusak. Nah, biasanya diakali, dijumper, bukan di ganti dengan part baru seharusnya. Sering terjadi gitu, sehingga ada bocor arus dan lain-lain, jadi menyebabkan terbakar,” ucap Gilang, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/5/2023).

Biasanya hal tersebut dilakukan untuk menghindari biaya servis yang besar, padahal ada risiko berbahaya yang mengintai.

Perlu diingat bahwa mobil Eropa seperti Mercedes-Benz atau BMW memiliki sistem kelistrikan yang lebih kompleks. Untuk itu, saat melakukan servis, atau upgrade kelistrikan sebaiknya tidak sembarangan. Harus mengikuti original sistem kelistrikannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pemilik kendaraan sebaiknya menyediakan APAR di dalam mobil, agar bisa digunakan untuk penindakan awal jika muncul percikan kecil. Kemudian segera laporkan kejadian ke pemadam kebakaran atau petugas kepolisian terdekat.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/13/122200015/sedan-mewah-mercedes-benz-hangus-terbakar-pahami-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke