Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Punya Blind Spot Besar, Mobil Jangan Terlalu Dekat

JAKARTA, KOMPAS.com - Blind spot bus sangatlah besar, berbeda dengan mobil yang lebih kecil ukurannya. Oleh karena itu, sebagai pengemudi lebih baik tidak dekat-dekat dengan bus saat ada di jalan.

Salah satu contoh yang memperlihatkan besarnya blind spot bus ada pada video yang diunggah akun dash cam owners Indonesia. Terlihat mobil perekam mau menyalip bus, tapi bus pelan-pelan geser ke arah kanan.

"Kejadian tadi pagi di Tol JORR arah TMII, lagi enak jalan santai tiba-tiba bus pariwisata Mutiara Abadi motong jalur 1 sesuka hatinya aja tanpa ancang-ancang," tulis keterangan di unggahan tersebut, dikutip Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Namun, kalau bicara soal di jalan raya, sebenarnya tidak bisa cari siapa salah dan benar. Hal paling utama adalah tetap selamat tanpa terluka sampai ke tujuan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, kendaraan seperti bus punya blind spot yang besar, makanya tidak disarankan dekat-dekat mereka.

"Dari video terlihat bus sudah mengarah ke kanan dengan posisi roda kanan ada di atas marka jalan. Artinya, driver sudah mengarahkan kendaraannya (ke lajur kanan)," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Soal lampu sein, walau tidak terlihat menyala, Sony menyarankan untuk tidak cari salah dan benar di jalan. Bunyikan saja klakson sebagai pengingat ke sopir bus.

"Kurangi kecepatan untuk menghindari serempetan," ucap Sony.

Menurut Sony, orang Indonesia punya midnset unik, yakni menang-menangan di jalan. Akhirnya bisa berakhir adu mulut dan bisa dibilang egois di jalan raya, bukan cari aman.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/12/184100215/bus-punya-blind-spot-besar-mobil-jangan-terlalu-dekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke