Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segini Biaya Servis Yamaha Grand Filano 3 Tahun Pertama

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Grand Filano jadi pilihan motor matik keluaran baru yang ada di pasaran. Selain punya desain yang menarik, skutik ini juga menawarkan biaya perawatan yang terjangkau.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim bahwa biaya jasa servis Grand Filano gratis selama 10 bulan tahun pertama. Adapun penggantian oli mesin hanya ditanggung satu kali, selebihnya bayar.

Di tahun pertama, konsumen sudah mengeluarkan uang untuk ganti oli mesin per bulan setelah satu kali gratis, dan penggantian busi pada bulan ke-7, serta pembersihan injector di bulan ke-10 bayar.

Memasuki tahun kedua, baik jasa, atau penggantian parts sepenuhnya ditanggung konsumen alias bayar. Pada bulan ke-13 selain ganti oli mesin, ada busi, oli transmisi, dan filter bahan bakar.

Kemudian di bulan ke-16 hanya filter udara dan oli mesin, bulan ke-19 selain oli mesin konsumen perlu mengganti busi, dan oli suspensi depan. Hal serupa di tahun ketiga, belum termasuk penggantian tambahan.

Penggantian tambahan jika ada komponen yang rusak, atau aus, seperti kampas rem, lampu, CVT, aki, dan lain-lain.

Lantas, berapa total pengeluaran untuk biaya servis ketika memiliki Grand Filano selama tiga tahun?

Assistant General Manager Aftersales dan Motorsport PT YIMM Frengky Rusli, mengatakan, apabila dihitung total perawatan di tahun pertama konsumen mengeluarkan uang Rp 170.000-an, dan tahun kedua atau ketiga Rp 1 jutaan.

Artinya, total biaya yang dikeluarkan buat servis Grand Filano selama tiga tahun pertama, kurang lebih sekitar Rp 2,2 jutaan.

Apabila jumlah tersebut dibagi 3 tahun (36 bulan), maka biaya pengeluaran per bulan selama tiga tahun hanya Rp 61.111.

Biaya tersebut berlaku untuk area Jabodetabek, dengan kondisi pemakaian wajar sudah termasuk jasa pengecekan standar, dan tambahan. Seluruh pengecekan tesebut menggunakan Yamaha Diagnostic Tolls.

“Untuk menjaga agar performa sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu rutin melakukan perawatan yang tepat,” ujar Rusli, dikutip dari keterangan resmi (11/5/2023).

Sebagai informasi, Grand Filano Hybrid-Connected merupakan skutik 125 cc yang meluncur di Tanah Air pada Januari 2023.

Di atas kertas, Grand Filano dibekali mesin satu silinder berkapasitas 124,86 cc SOHC dengan 8,1 Tk pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Grand Filano juga dibekali sistem konektivitas Y-Connect untuk menghubungkan motor dengan smartphone.

Kemudian terdapat kunci pintar alias keyless, power outlet charging untuk mengisi daya baterai handphone, penerangan sudah LED, speedometer digital, dan akses pengisian bahan bakar yang bisa dilakukan dari depan, tanpa buka jok.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/11/182100515/segini-biaya-servis-yamaha-grand-filano-3-tahun-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke