Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Motor Jangan Berteduh di Underpass, Bikin Macet

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Indonesia tak terkecuali di Jakarta kerap kali tiba-tiba diguyur hujan. Bagi pengendara sepeda motor yang masih aktif dengan mobilitas tinggi, tentu butuh persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah membawa jas hujan.

Saat dilanda cuaca seperti ini, fenomena pengendara motor berteduh di underpas pun sering terjadi. Seperti dalam tayangan video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Rabu (9/5/2023).

Dalam rekaman tersebut terlihat sejumlah pengendara motor yang berteduh di bawah underpass saat hujan deras.

Banyaknya pengendara sepeda motor yang berteduh membuat pengguna jalan lain, terutama roda empat kesulitan melintasi underpass tersebut.

Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kebiasaan tidak membawa jas hujan kemudian berteduh di sembarang tempat merupakan tindakan yang tidak aman dan tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa lokasi yang menjadi favorit pengendara motor untuk berteduh dari hujan, padahal lokasi tersebut tidak aman. Seperti di underpass atau terowongan, kolong jembatan atau fly over, hingga pinggir jalan di depan rumah atau perkantoran.

Jusri melanjutkan, pada dasarnya banyak orang sudah tahu bahwa dilarang menggunakan underpass untuk berteduh, karena mengganggu kelancaran lalu lintas. Bahkan tidak hanya mengganggu, ada bahaya juga berteduh di kedua tempat itu.

“Bayangkan bila ada mobil yang melintas kencang tanpa mengetahui puluhan motor yang berteduh di sana karena memang tempat itu bukan untuk berteduh,” kata dia.

Menurut Jusri, berteduh di pinggir jalan pun tidak akan membuat pengendara benar-benar kering, karena tempatnya kecil sehingga beberapa bagian terutama kaki, sepatu, masih basah.

Maka dari itu, para biker sebaiknya mencari lokasi yang aman bila ingin berteduh. Tidak hanya berlindung dari guyuran, tetapi juga mementingkan segi keselamatan, baik bagi dirinya maupun pengguna jalan lain.

Selain itu, perhatikan juga kondisi lokasi saat berteduh karena saat hujan deras dan angin kencang bisa membuat pohon tumbang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/10/150100715/pengendara-motor-jangan-berteduh-di-underpass-bikin-macet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke