Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Tampang Brio RS Facelift Vs Sirion, Mana Lebih Sporty?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan versi penyegaran dari Brio RS. Kehadirannya tak hanya sekadar mengimbangi Toyota Agya yang kini bermain di segmen city car, tapi juga rival lainnya.

Seperti diketahui, salah satu kompetitor Brio RS di kelas city car adalah Daihatsu Sirion. Mobil asal Malaysia ini cukup punya modal yang kuat untuk berkompetisi, baik dari segi fitur, performa, sampai harga.

Bagi yang masih binggung menentukan pilihan, redaksi mencoba merangkum singkat komperasi antara Honda Brio RS facelift dengan Daihatsu Sirion yang diawali dari sisi ekterior lebih dulu.

Dari segi tampilan, harus diakui Brio RS punya visual yang makin sporty. Walau statusnya hanya sekadar facelift, tapi adanya beberapa pembaruan yang diaplikasi cukup ampuh mendongkrak daya tariknya.

Untuk eksterior, Honda menyematkan desain baru pada bumper depan dan belakang, lengkap bersama sistem penerangan utama LED dan DRL. Tak hanya itu, gril juga diberikan nuansa gelap melalui dark chrome dan dihiasi emblem RS yang baru.

Agar senada, lampu kabut juga menggunakan LED, sementara di belakang menggunakan smoked rear combi lamp.

Kaca spion sudah mengusung power retractable black door mirror dengan LED turning signal, kaki-kaki disematkan pelek 15 inci bernuansa dark chrome, dan terdapat smart entry sytem baru.

Dari sisi dimensi, Brio RS facelift memiliki panjang 3.810 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Untuk hal ini, Sirion lebih unggul karena dengan panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.525 mm, otomatis secara tak langsung menggambarkan sisi kelapangan di dalam kabinnya.

Sementara soal tampilan atau ekterior, sebenarnya Sirion juga tak kalah sporty dari Brio RS yang baru saja bersolek.

Pencahayaan utama Sirion juga sudah mengusung LED. Model bumper dibuat sedikit lebar pada bagian sisi, serta cover kaca spion kelir hitam cukup membuat tampilannya sedikit agresif, apalagi sektor kaki-kaki juga cukup atraktif dengan kombinasi dua warna.

Namun demikian, Daihatsu memang sedikit tanggung lantaran tak langsung melengkapi Sirion dengan lampu kabut atau fog lamp. Untuk bagian belakang, desain Sirion dibuat lebih dinamis guna menyelaraskan tampilan samping dan depan, alias terlihat lebih kalem dari Brio RS facelift.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/09/173200215/adu-tampang-brio-rs-facelift-vs-sirion-mana-lebih-sporty-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke