Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Honda Supra X Terabas Banjir, Ingat Tetap ada Bahayanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalanan banjir memang sebaiknya tidak usah dipaksa untuk dilewati pakai kendaraan. Ada risiko motor mogok karena mesin yang kemasukan air dan berujung rusak.

Tapi pada video yang diunggah akun Netizen Iseng di Instagram memperlihatkan ketangguhan Honda Supra X melibas jalanan yang terendam banjir.

"Kekuatan motor Supra bapak," ucap pengunggah video, dikutip Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Pengendara lain tampak tidak mau ambil risiko dengan diam di jalanan yang tinggi. Berbeda dengan yang dilakukan perekam video.

Selama melewati genangan, perekam tetap bertahan di gigi satu sampai beres melewati genangan air. Motor pun terlihat baik-baik saja sampai ujung jalan yang banjir.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ketika melewati banjir, tetap ada bahaya yang bisa terjadi.

"Saat melewati jalan yang penuh dengan genangan air, harus paham rute yang akan dilewati. Jangan sampai salah jalan atau masuk ke lubang yang dalam," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Selain itu, saat melewati genangan, selama mesin tidak kemasukan air dan tinggi air masih di bawah knalpot, maka aman saja saat dilewati. Tapi tadi, kalau tidak tahu kondisi jalan, malah bisa terjerumus ke lubang atau selokan.

"Kecepatan motor harus dijaga, jangan terlalu kencang agar roda tetap menapak di aspal dengan baik sehingga laju motor tidak goyang," kata Agus.

Agus menyarankan, kalau pengendara ragu, tidak tahu kondisi jalan yang terendam, lebih baik jangan coba-coba. Efeknya malah bisa bikin rugi sendiri, motor rusak ditambah badan yang basah.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/29/180200415/video-honda-supra-x-terabas-banjir-ingat-tetap-ada-bahayanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke