Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Mitsubishi Xpander Cross di Karang Bolong, Pacitan

PACITAN, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan sudah sampai di Pacitan, Jawa Timur, (16/4/2023). Kondisi alam Pacitan merupakan arena yang tepat untuk bermain-main bersama Mitsubishi Xpander Cross.

Untuk diketahui dalam perjalanan kali ini Kompas.com memakai tiga mobil dari Mistubishi, yaitu Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton. Untuk dua model terakhir dijamin tidak ada masalah karena memang mobil 4x4.

Usai mengunjungi Goa Gong yang terkenal, tim Kompas.com melanjutkan perjalanan ke Pantai Karang Bolong. Tim memilih untuk masuk ke bagian atas alias dari tebing dan bukan melihat dari pantai.

Kondisi jalan cukup berliku untuk masuk ke tebing. Melihat jejak di tanah dan batu daerah ini lebih banyak dimasuki menggunakan sepeda motor oleh warga lokal dan bukan menggunakan mobil.

Adapun mobil yang kami temui tidak sampai ujung tebing masih di area perumahan warga dan merupakan mobil bak membawa hasil perkebunan warga sekitar.

Beruntung di Pacitan tidak hujan sehingga area terbuka mayoritas jalan tanah tidak becek. Keunggulan Xpander Cross di jalur ini ialah bodi yang tidak terlalu lebar sehingga relatif mudah saat melewati jalan yang sempit.

Ujian tiba saat kondisi jalan mulai bergelombang. Penggunaan pelek lingkar 17 inci dan ban profil tebal membuat ground clearence Xpander Cross 22 cm memberi sedikit ruang untuk bermain di area offroad ringan.

Ground clereance yang tinggi dapat mengurangi kekhawatiran. Pemilihan profil ban tebal juga mampu memberikan efek redaman yang baik saat terpaksa melintas di jalan rusak atau berlubang.

Kemudian bertambah tingginya ground clearence Xpander Cross diikuti dengan adanya pembaruan karakter suspensi yang ayunannya terasa agak keras dibanding Xpander biasa.

Sebelumnya Mitsubishi memang menyebut kualitas suspensi dan shock absorber ditingkatkan dengan tuning terbaru.

Di atas kertas, Xpander Cross mengusung mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4 yang dapat menghasilkan output maksimal 105 PS pada 6,000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4,000 rpm.

Tenaga dikirim ke roda depan pakai transmisi continuous variable transmission (CVT). Pabrikan mengatakan pemilihan CVT untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan tajam.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/17/154100215/jajal-mitsubishi-xpander-cross-di-karang-bolong-pacitan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke