Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Harga Mepet, Adu Desain Grand Filano dan Vario 160

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Grand Filano jadi pilihan baru skutik perkotaan. Meskipun mengusung mesin berkapasitas kecil, hanya 125 cc, nyatanya motor ini masuk ke segmen menengah dan bakal jadi pesaing Honda Vario 160 dari sisi harga.

Seperti diketahui, per April 2023, Grand Filano dibanderol Rp 27 juta (tipe Neo) dan Rp 27,5 juta (tipe Lux). Sementara Vario 160 Rp 26,539 juta (tipe CBS) dan Rp 29,413 juta (tipe ABS).

Dengan selisih harga tersebut, kira-kira apa saja plus minus dari kedua skutik perkotaan ini? Sebagai awalan, kami bakal mengulik dulu tampilan dari kedua skutik ini.

Grand Filano mengusung desain ala skutik retro-modern. Garis bodi yang banyak melengkung tanpa garis tajam menekankan sisi elegan dan classy dari Grand Filano. Sekilas motor ini punya tampilan ala skutik Vespa.

Headlamp LED dengan bentuk diamond shape terlihat manis. Di bodi depan terdapat dua buah lampu sein LED tipis yang menyatu dengan bodi, mengapit lampu DRL (Daytime Running Light) dalam cover plastik ‘dasi’ hitam.

Bodi belakang diakhiri lampu rem yang bentuknya lonjong dengan semacam DRL memanjang di bagian tengah, diapit lampu sein di kanan kiri yang desainnya seperti garis.

Dengan sentuhan akhir di bodi cenderung polos tanpa striping, membuatnya terlihat elegan baik yang finishing-nya matte maupun glossy. 

Sementara itu, Vario 160 mengusung bahasa desain yang berbeda daripada Grand Filano. Motor ini tampak lebih sporty dan agresif, meski sekilas masih mirip dengan Vario 150.

Meski begitu, Vario 160 punya bodi lebih besar. Hal ini tampak dari bentuk tebeng depan ini cukup menarik, bentuknya seperti windshield dengan mika warna hitam.

Berbeda dari Vario 150, Vario 160 mengusung lampu LED yang lebih sporty. Kemudian seinnya terletak di atas headlamps, yang secara keseluruhan membuat pola bersusun.

Walaupun masuk dalam kategori skutik menengah, Vario 160 punya dek yang landai. Kelebihan bentuk dek ala skutik entry level ini memudahkan untuk membawa barang.

Vario 160 punya pilihan warna Grand Matte White, Grande Matte Black, dan Active Black untuk tipe ABS. Sedangkan tipe CBS memiliki warna Grande Matte Red, Grande Matte Black, dan Active Black.

Buat yang senang desain skutik retro modern tentu bakal memilih Grand Filano. Apalagi motor ini masih baru, pasti bakal menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Adapun buat yang suka tampilan skutik sporty dengan garis tajam-tajam, mungkin lebih pilih Vario 160. Asyiknya lagi, skutik ini dibanderol lebih murah daripada Grand Filano, khususnya untuk tipe CBS.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/13/140100715/punya-harga-mepet-adu-desain-grand-filano-dan-vario-160

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke