Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik ke Daerah Pegunungan, Pengemudi Harus Paham Teknik Engine Brake

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampung halaman yang dituju oleh pemudik begitu beragam, mulai daerah pesisir pantai, perkotaan, perdesaan, hingga pegunungan. Kontur jalannya juga bervariasi, dari datar, tanjakan sampai turunan.

Maka dari itu, selain kendaraan pengemudi juga harus menguasai kondisi medan jalan selama perjalanan mudik. Salah satunya jika melintasi jalan pegunungan.

Teknik pengereman sangat dibutuhkan, apalagi pengemudi mobil transmisi matik sebaiknya paham dengan engine brake. 

"Mobil matik membutuhkan bantuan transmisi untuk menahan kecepatan di turunan panjang. Rem digunakan sesekali, mobil akan mudah dikendalikan jika posisi transmisi seakan-akan itu jadi rem bantuan," kata Hermas E Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic kepada Kompas.com, Rabu (12/4/2023). 

Penggunaan transmisi matik ada aturannya, pengemudi harus tau kemiringan lereng bukit di jalur mudik yang dilalui untuk memperkirakan posisi gigi yang tepat. Transmisi diturunkan sesuai kecepatan agar memberikan tambahan pengereman dari mesin. 

""Posisi awal dari gigi D, diturunkan bertahap, urut dari D-3, kemudian ke 2, baru ke 1 atau L. Jika dirasa mesin mobil seperti ada efek menahan laju kendaraan, posisi gigi ditahan terlebih dahulu. Jadi seperti ada pola perhitungannya, hal itu untuk memberikan efek hentakan, tujuannya mengurangi kecepatan secara otomatis," ucapnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/13/081200815/mudik-ke-daerah-pegunungan-pengemudi-harus-paham-teknik-engine-brake

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke