Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Mercedes-Benz Pakai Mesin Toyota Supra Mk4

 

Pilihan ini memang cukup mengejutkan sebab "Mercy" yang dipakai ialah tahun tua yang masuk kategori klasik. Mesin V8 4.5 liter standar digusur dan digantikan mesin 2JZ-GTE yang terkenal di dunia balap.

Menariknya melihat eksterior mobil ini hampir mendekati standaran OEM. Meski kalau ditelisik bagian roda, rem, dan ada satu tombol Toyota di kabin yang bukan asli Mercedes-Benz

Dilansir dari Carscoops, tak cuma menggunakan mesin Toyota 2JZ-GTE sang pemilik tak membiarkan mesin standar alias ikut dioprek dan kini mampu menghasilkan tenaga 400 tk atau setara 298 kW.

Beberapa modifikasi yang dilakukan ialah membuat setelan ulang pada turbo tunggal Mitsubishi TE06. Kemudian upragade sistem intercooler Z32, knalpot khusus, dan radiator OEM dengan inti yang diperbesar.

Agar tenaga sebesar itu tidak mubazir, mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan milik Toyota Aristo. Transmisi ini disebut cocok supaya rasa berkendara Mercedes-Benz tetap terasa.

Kemudian modifikasi lain yang tak kalah ekstrem ialah pengereman. Rem mobil ini dicomot dari Ferrari tepatnya Ferrari F40 legendaris di depan dan F430 di belakang. Pemiliknya disebut melakukan banyak modifikasi agar pas.

Kaki-kaki juga ikut kena rombak. Biar kesan vintage tetap ada, pemilik membuat satu set pelek khusus diameter 17 inci. Kemudian mengganti suspensi baru yang diperhitungkan dengan bobot terkini.

Secara keseluruhan, pembuatannya membutuhkan waktu dua tahun. Jangka waktu itu disebut cepat mengingat skala modifikasi yang perlu dilakukan serta perhatian terhadap detail yang luar biasa.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/03/182100715/modifikasi-mercedes-benz-pakai-mesin-toyota-supra-mk4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke