Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Fitur Kia EV6 GT-Line vs Hyundai Ioniq 5, Mana Lebih Lengkap?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik saat ini identik dengan teknologi dan fiturnya yang canggih. Termasuk dengan Kia EV6 GT-Line dan Hyundai Ioniq 5.

Kedua mobil listrik ini diklaim memiliki teknologi dan fitur yang canggih. Selain itu, lebih lengkap dibandingkan mobil dengan mesin pembakaran internal.

Lalu, mobil mana yang punya fitur paling canggih dan lebih lengkap? Untuk diketahui, Kia dan Hyundai sama-sama berasal dari Korea Selatan. Kedua mobil ini juga dibangun menggunakan platform yang sama, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Untuk EV6 GT-Line, Kia membekalinya dengan head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci. Panel instrumen dan sistem hiburannya sama persis dengan Ioniq 5.

Namun, yang membedakan adalah sistem audionya. EV6 mengandalkan sistem audio keluaran Meridian dengan 14 speaker. Sedangkan pada Ioniq 5, khususnya tipe tertinggi, dilengkapi dengan sistem audio dari BOSE yang diletakkan di delapan titik.

Lalu, pada bagian atap, EV6 sudah dibekali dengan sunroof. Pada Ioniq 5 tidak memiliki sunroof, melainkan vision roof. Jadi, permukaan atap hampir seluruhnya dari kaca, tapi tidak dapat terbuka.

Masuk ke bagian fitur, bisa dikatakan EV6 dan Ioniq 5 dibekali dengan fitur yang sama. Hanya penamaannya saja yang berbeda.

Kedua mobil listrik ini sudah memiliki smart cruise control with stop and go. Tentunya, sudah memiliki Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang meliputi: Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Sport View Monitoring, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Driver Attention Warning, High Beam Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, dan lainnya.

Terdapat juga fitur i-Pedal pada kedua mobil listrik ini, yang memungkinkan pengemudi mengendarai mobil hanya menggunakan satu pedal saja. Pengereman akan otomatis dilakukan ketika pedal gas diangkat.

Selain itu, terdapat juga fitur keamanan, seperti Brake Assist System, Vehicle Stability Management, Emergency Stop Signal, Rear Occupant Alert, dan lainnya.

Kemudian, EV6 dan Ioniq 5 juga dilengkapi dengan fitur Vehicle-to-Load (V2L). Fitur ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, dan alat elektronik rumah, dengan daya maksimal 3,6 kW.

Ada satu keunggulan pada EV6 GT-Line, yakni sudah dilengkapi dengan Remote Smart Parking Assist. Dengan fitur ini, mobil bisa memarkir sendiri tanpa bantuan pengemudi.

Fitur ini bisa diaktifkan ketika pengemudi berada di dalam maupun di luar mobil. Sementara Ioniq 5 yang dipasarkan di Indonesia, tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Kia memasarkan EV6 GT-Line dengan banderol Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta). Sementara Hyundai Ioniq 5, dijual dengan harga mulai Rp 748 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 859 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/31/142100115/adu-fitur-kia-ev6-gt-line-vs-hyundai-ioniq-5-mana-lebih-lengkap-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke