Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Aki Mobil Bisa Tekor Tiba-tiba?

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil mogok di tengah perjalanan bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari masalah sepele hingga serius bisa terjadi. Maka dari itu berkendara mobil membutuhkan mental yang kuat.

Jangan sampai panik bila tiba-tiba mobil mogok di jalan, karena itu justru tidak akan memberikan solusi. Yang perlu dipersiapkan pengendara adalah memahami segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Dengan demikian, pengguna mobil seharusnya rajin melakukan servis secara rutin untuk menghindari hal-hal demikian. Termasuk memeriksa aki, komponen yang satu ini bisa menyebabkan mobil mogok di perjalanan.

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, aki yang sudah mulai rusak tidak akan membuat mobil berhenti mendadak di perjalanan, tapi bila mobil berhenti untuk istirahat ada kemungkinan gagal untuk dinyalakan kembali.

“Aki yang tekor ada dua penyebab, bila bukan karena akinya sudah tidak mampu menyimpan arus listrik dengan baik, ya arus listrik yang masuk ke aki terganggu, bisa dari dinamo ampere yang bermasalah atau rangkaian listriknya,” ucap Supra kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Supra mengatakan, kejadian tersebut kadang tidak disadari oleh pengguna mobil seakan-akan akinya drop secara tiba-tiba dalam perjalanan.

“Padahal, kondisi aki bisa diketahui setiap kali mobil melakukan pemeriksaan aki, meski belum ada tanda-tanda aki mulai rusak, tapi angka hasil pengukuran aki tidak bisa berbohong,” ucap Supra.

“Terkadang gejala itu muncul sesekali seperti waktu starter lebih panjang, tapi tidak semua pengendara memahami hal tersebut, akan lebih pasti acuannya adalah hasil pengukuran di bengkel,” ucap Supra.

Sehingga, ketika hasil pemeriksaan dari bengkel menunjukkan akinya sudah memburuk, menurut Supra aki wajib diganti saat itu juga.

“Jika sudah di cek ke bengkel bahwa aki sudah mulai rusak, diharuskan untuk penggantian aki baru, setelah penggantian aki biasanya mekanik akan cek kelistrikan dinamo ampere nya juga, jika normal semua kemungkinan kecil akan terjadi aki tekor tiba-tiba,” ucap Supra.

Jadi, sebenarnya tidak ada aki yang tiba-tiba rusak, jika pengguna mobil rajin memeriksakan aki ke bengkel maka itu akan bisa terdeteksi sehingga tidak bikin masalah di perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/31/141200115/apakah-aki-mobil-bisa-tekor-tiba-tiba-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke