Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Pastikan Ada Hybrid Baru Produksi Lokal Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan produk baru bergenre elektrifikasi pada 2023. Bicara elektrifikasi, spekulasi menyasar pada teknologi hybrid yang terbilang sukses di pasar lewat Innova Zenix yang lebih dahulu meluncur.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, produk elektrifikasi dari Toyota memang jadi poin utama dalam meluncurkan model baru. Berkaca dari rilisan sebelumnya seperti Corolla Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Zenix Hybrid, bZ4X, dan RAV4.

"Jadi rasanya tahun ini pasti akan ada lagi (model baru elektrifikasi)," ucap Henry di acara Buka Bersama Media Gathering di Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Henry menjelaskan, Toyota Indonesia sudah berkomitmen untuk tiap tahun selalu menghadirkan produk-produk elektrifikasi. Sebelumnya di GJAW, ditampilkan RAV4 Plug-in Hybrid GR Sport.

"Kita selalu tiap tahun commit akan ada produk-produk elektrifikasi yang baru, yang pasti tahun ini akan ada lagi, kita tunggu mainnya saja," ucap Henry.

Soal modelnya, Toyota belum membuka banyak informasi model apa yang akan meluncur. Redaksi Kompas.com menanyakan terkait produk baru Toyota, tepatnya hybrid ke Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM di waktu yang berbeda.

Menurutnya, Innova Zenix Hybrid bukanlah hybrid terakhir yang akan dihadirkan Toyota, menimbang pangsa pasarnya cukup besar dan mereka sudah memiliki kekuatan di lini tersebut.

“Saya rasa Innova Zenix Hybrid bukanlah mobil hybrid produksi lokal terakhir. Kedepannya kami akan memperkenalkan yang baru lagi di segmen-segmen yang cukup gemuk (populer),” ujar Anton.

Kemungkinan, mobil hybrid baru dari Toyota ini akan mengisi segmen yang cukup populer. Misal LMPV, atau SUV, jadi antara Veloz yang jadi hybrid atau Fortuner baru akan terkena teknologi elektrifikasi.

Sebelumnya, Toyota Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan amunisi baru di segmen SUV ringkas kelas B. Model baru ini rencananya berstatus produksi lokal dan punya opsi teknologi hybrid.

CEO, Asia Region Deputy Chief Officer, Sales Financial Business Group, Toyota Motor Corporation Hao Quo Tien pernah mengatakan Toyota sedang menyiapkan produk hybrid terbaru di segmen B, khususnya untuk membantu Indonesia menuju era kendaraan elektrifikasi.

"Kami bekerja keras untuk membawa banyak model hybrid di pasar kendaraan B segmen, khususnya untuk menjadikan jalan bagi Indonesia menuju era elektrifikasi," ujar Hao beberapa waktu lalu di Thailand.

Melanjutkan pernyataan itu, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono pun mulai angkat bicara kalau di masa mendatang TMMIN akan menambah model hibrida rakitan lokal.

"Tentu saja, itu sudah pasti kita akan menambah model hibrida untuk diproduksi di Indonesia. Sesuai dengan pernyataan Hao tahun lalu di Thailand," kata Warih kepada KOMPAS.com di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu.

Warih menjelaskan, tentunya dengan menambah produksi lokal model hybrid ini akan membantu Indonesia beralih ke era kendaraan elektrifikasi. Bahkan, bukan cuma pasar domestik melainkan melakukan ekspor ke sejumlah negara.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/30/080200115/toyota-pastikan-ada-hybrid-baru-produksi-lokal-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke