Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Tergelincir di Jalan Tol, Ingat Risiko Berkendara Saat Hujan

Seperti yang terjadi dalam video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia, memperlihatkan satu unit mobil BMW yang tergelincir karena jalan licin di Jalan Tol Serpong–Balaraja, pada (29/3/2023).

Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Sumarna menjelaskan, mengemudi di jalan tol memang memiliki bahaya yang tinggi terlebih dalam kondisi hujan.

Sony menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi mobil yang berkendara di jalan tol saat hujan. Tujuannya adalah untuk sebisa mungkin mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Pertama, pengemudi perlu menjaga kecepatan untuk menghindari potensi terjadinya aquaplaning. Untuk diketahui, aquaplaning merupakan kondisi slip, di mana roda melayang ketika melalui genangan air dalam kecepatan yang tinggi.

Selanjutnya kedua, pengemudi perlu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang lain, sehingga ada ruang untuk mengantisipasi dan memiliki visibilitas yang luas. Jika ragu bisa menggunakan lajur yang paling aman yaitu lajur kiri.

"Selalu berjalan di kiri. Lajur yang paling aman, karena kecepatan maksimalnya hanya 60 kpj," ucap Sony.

Kemudian nyalakan lampu senja untuk membantu visibilitas pengemudi ke depan. Selanjutnya menghindari kebiasaan menyalip atau mendahului kendaraan lain di saat kondisi hujan.

"Di saat menyusul (dengan) kecepatan kendaraan di atas rata-rata, mudah slip akibat slipstream, crosswind, blindspot, dan lain-lain," ujar Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/29/193100215/bmw-tergelincir-di-jalan-tol-ingat-risiko-berkendara-saat-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke