Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bus PO ALS Libas Tanjakan Batu Jomba, Ban Depan Sampai Naik

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus dari perusahaan otobus (PO) ALS selalu menyita perhatian banyak orang lewat sejumlah aksi teknik berkendara yang tidak biasa.

Bahkan, baru-baru ini kembali viral video bus PO ALS yang menunjukkan jika bus ini seolah terombang ambing saat melintasi jalan Tanjakan Batu Jomba, Sumatera Utara.

Dalam cuplikan video yang di unggah oleh akun Instagram @videobusindonesia_ tersebut, bus nampak lompat ke kanan dan ke kiri saat melintasi jalan kecil dan tidak rata.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika dalam kondisi tersebut bus terlalu memaksakan diri, padahal di Tanjakan Batu Jomba terkenal menjadi jalan ekstrem.

“Tanjakan Batu Jomba ini memang lagi viral di medsos, banyak yang kecelakaan. Namun tidak tahu banyak yang memaksakan diri atau memang tidak ada jalur alternatif seharusnya menjadi perhatian dari pemda,” kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Sony juga mengatakan, kondisi bus seperti ini belum disebut sebagai jumping namun ekstrim manuver atau bodi lifting. Biasanya, fenomena seperti kerap disebabkan sopir merasa kendaraan canggih, baru atau tuntutan sampai tujuan dengan segera menjadikan pengemudi suka memaksakan diri.

Sony menyarankan, bagi pengemudi bus yang melintasi jalan ini memerlukan pengamatan cermat dan dengan keputusan yang benar. Cara ini lebih aman daripada memaksakan yang dirasa aman, jadi perhitungannya harus benar-benar matang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/28/190100715/video-bus-po-als-libas-tanjakan-batu-jomba-ban-depan-sampai-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke