Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Diduga Hyundai Stargazer X Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan | Tiap Berapa Kilometer Mobil Matik Harus Ganti Oli Transmisi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial rekaman penampakan mobil baru terselubung kamuflase di salah satu ruas jalan tol. Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @kebab_mamaarab, Sabtu (25/3/2023).

Dalam rekaman yang beredar, memang hanya memberikan gambaran buritan dan tampak samping kiri. Namun, desain body mobil terlihat menyerupai salah satu multi purpose vehicle (MPV) yang sudah dijual di Tanah Air, yakni Hyundai Stargazer.

Terlihat dari lekuk bodi dan garis sepatbor yang cukup tegas, seperti desain Stargazer. Kemudian lampu belakang juga tampak mengusung teknologi LED.

Selain itu, oli transmisi mobil matik untuk model automatic transmission (AT) menggunakan oli khusus yang biasa disebut automatic transmission fluid (ATF). Berbeda dengan oli-oli lainnya, spesifikasi ATF tidak dipatok berdasarkan viskositas namun menggunakan formula khusus.

Tidak hanya sebagai pelumas, ATF juga berfungsi sebagai fluida pentransfer gaya. Sehingga, cairan ini memiliki fungsi ganda yang harus senantiasa dijaga kualitasnya.

Jika tidak, maka kerusakan transmisi AT adalah risikonya. Lantas, tiap berapa kilometer mobil harus ganti oli transmisi matik AT ini?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 27 Maret 2023 :

1. Diduga Hyundai Stargazer X Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Rumors kehadiran Hyundai Stargazer X di Tanah Air belakangan ini memang santer terdengar. Model ini digadang akan menjadi Stargazer versi Crossover yang menantang Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, bahkan Toyota Veloz.

Adapun kepastian kehadiran Stargazer X, tertera dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

2. Tiap Berapa Kilometer Mobil Matik Harus Ganti Oli Transmisi?

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan penggantian oli matik bisa mengikuti buku panduan kepemilikan kendaraan, di sana tertulis jadwal penggantian untuk pemakaian normal dan berat.

“Untuk pemakaian normal, penggantian oli transmisi matik model AT per 100.000 Km, sedangkan untuk pemakaian berat tiap 40.000 Km sebaiknya diperiksa kualitasnya, atau wajib diganti tiap 80.000 Km,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023). 

 

3. Ojol Nyaris Terlindas Truk gara-gara Main Ponsel

Berkendara menggunakan sepeda motor perlu konsentrasi yang penuh. Kondisi ini bukan sekadar imbauan sebab banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena pengendara tidak fokus.

Salah satunya ialah kecelakaan ojek online (ojol) karena bermain ponsel saat berkendara. Dalam video yang diunggah akun Instagram Cetul 22, terlihat ojol tersebut menabrak mobil di depannya karena telat mengerem.

 

4. Beda Rp 1,5 Juta, Lebih Bertenaga Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE?

Usai mengulik singkat soal urusan kenyamanan dan fitur, giliran masuk ke sektor dapur pacu alias urusan performa antara Toyota Agya GR Sport dan Wuling Alvec CE. Seperti diketahui, keduanya memang beda kelas.

Agya GR Sport dari LCGC sekarang ganti aliran ke city car, sementara Alvez CE menjadi pendatang baru di segmen SUV murah.

 

5. Terminal Pulo Gebang Punya Penginapan buat Pemudik, Cuma Rp 15.000 Per Hari

Mudik merupakan tradisi yang selalu tidak bisa lepas menjelang hari Lebaran. Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, menjadi salah satu titik keberangkatan para pemudik yang ingin menggunakan layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Namun, biasanya dalam menunggu jadwal keberangkatan bus kerap menyita waktu hingga pemudik rentan kelelahan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/28/060200315/-populer-otomotif-diduga-hyundai-stargazer-x-tertangkap-kamera-sedang-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke