Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambil Ngabuburit, Bisa Bersihkan Mobil Kesayangan

JAKARTA,KOMPAS.com - Saat bulan puasa, jam kerja dan sekolah berlangsung terbatas dibandingkan hari biasa. Pada sore hari, banyak hal ringan untuk mengisi kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. 

Contohnya adalah merawat mobil kesayangan. Perawatan mandiri dibutuhkan untuk membuat tampilan mobil senantiasa cantik dan menghindari komponen utama yang bermasalah. 

Khusus bodi, perawatan dilakukan dengan mencuci mobil secara rutin. Perlindungan tambahan juga perlu, yaitu dengan melapisi permukaan cat menggunakan wax. Itu untuk menghindari jamur kaca dan bodi yang tercipta karena faktor cuaca seperti saat ini. 

Perawatan tersebut bisa dikerjakan sendiri oleh pemilik mobil. Seperti diungkapkan Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin. 

"Perawatan ringan membersihkan bodi, pelek, dan bagian kabin bisa dilakukan sendiri di rumah. Alat-alat yang dibutuhkan juga sederhana. Saat waktu senggang, bisa menjadikan perawatan sebagai hobi. Misal, ada kerusakan di bagian mana juga pemilik bisa memasukkan ke daftar perbaikan," ucap Syafruddin. 

Bodi mobil bisa dibersihkan dengan air bersih yang mengalir, untuk menghilangkan bekas debu dan kotoran yang menempel. Dilanjutkan, membersihkan bodi dengan shampoo khusus mobil. 

Proses itu, dilakukan dari bagian atas ke bawah. Perlu pula menggunakan dua jenis lap, dipisah untuk bagian bodi dan roda. Setelah dikeringkan, ban mobil juga bisa di semir. 

Bagian dalam kabin dibersihkan paling terakhir. Karpet mobil dapat di cuci, atau dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Demikian juga jok, dan material kabin berbahan plastik. 

"Bersih-bersih luar dalam biar hasilnya maksimal. Bodi, ban, dan interior segar, tampilan mobil enak dipandang dan untuk mencegah karat. Yang bisa dikerjakan sendiri, jika luang waktunya bisa di buat kesibukan," kata Syafruddin. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/27/120200515/sambil-ngabuburit-bisa-bersihkan-mobil-kesayangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke