Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Tekanan Udara pada Ban buat Jaga Komponen Kaki-kaki Mobil

JAKARTA,KOMPAS.com - Bentuk perawatan mandiri pemilik mobil bertujuan untuk membuat komponen-komponen utama awet dan tidak cepat rusak. Salah satunya adalah perawatan ban. 

Selain ban akan aman, komponen-komponen lainnya terutama kaki-kaki mobil juga terkena dampak positifnya. Tekanan udara ban yang terjaga membuat suspensi mobil tidak terbebani. 

"Perawatan ban yang paling mudah adalah cek tekanan udara ban. Itu wajib dilakukan sendiri pemilik mobil. Paling tepat 2 minggu sekali ban perlu ditambah tekanan udara," kata Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho. 

Menurut dia, ban yang terawat juga akan membuat komponen suspensi mobil mengayun dengan sempurna.

Imbasnya termasuk ke komponen stir, saat bergerak ke arah kiri dan kanan tidak ada beban yang berat. 

"Steering dan suspensi jadi ikut awet. Bila ban kempis, putaran stir akan berat dan jika mobil terperosok ke lubang potensi kerusakan lebih besar. Tekanan ban yang pas, bantingan suspensi mobil rasanya jadi kenyal, nyaman" kata Aan. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, jika melakukan cek kondisi fisik ban bisa dilakukan bersamaan dengan melihat kondisi komponen kaki-kaki. 

"Ban tidak boleh ada yang tipis sebelah. Jika stir mobil bergetar dan liar, komponen suspensi dan stir perlu diperiksa. Enggak masalah diluar jadwal spooring dan balancing. Apalagi kondisi jalan yang dilalui banyak yang rusak," ucapnya. 

Ban yang habis termakan salah satu sisinya umumnya, disebabkan komponen seperti tie rod, shock breaker, atau ball joint yang rusak. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/26/140100715/cek-tekanan-udara-pada-ban-buat-jaga-komponen-kaki-kaki-mobil

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke