Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

KENDAL, KOMPAS.com - Mobil wajib memiliki sistem rem yang prima guna mendukung keselamatan dalam berkendara. Fungsi utama rem adalah mengurangi laju kendaraan, sehingga manuver menjadi lebih terkontrol.

Guna memastikan apakah fungsi rem bekerja dengan baik atau tidak, pengendara bisa mengecek ke bengkel atau merasakan langsung saat mobil melaju.

Tentunya ada beberapa gejala yang menandakan performa rem mulai menurun, salah satunya pedal rem bergetar saat diinjak.

Lantas, pedal rem bergetar saat diinjak pertanda apa?

Pemilik Alus Autocare Kendal Depi Rahmadi mengatakan, pedal rem yang bergetar saat diinjak bisa menandakan dua jenis penurunan performa rem pada mobil.

“Salah satu penyebabnya bisa dari kondisi kampas rem depan sudah tipis, keadaan ini memungkinkan besarnya gaya gesek pada permukaan kampas rem rotor disc tidak seperti biasanya atau tidak merata sehingga menyebabkan pedal rem bergetar,” ucap Depi kepada Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Dia mengatakan pedal rem bergetar juga bisa disebabkan oleh permukaan piringan rem aus tidak rata.

“Permukaan disc brake atau rotor disc tidak rata atau bergelombang, akibat aus pemakaian, hal ini akan membuat pedal rem bergetar saat diinjak karena kampas rem terdorong oleh piringan rem yang berputar,” ucap Depi.

Depi juga mengatakan perbaikan untuk kasus tersebut cukup mudah karena fenomena pedal rem bergetar cukup sering terjadi di mobil.

“Bisa dibubut atau diratakan jika kondisi disc brake-nya masih tebal, sedangkan jika ketebalannya sudah melewati limit, atau sudah tipis maka harus diganti,” ucap Depi.

Pedal rem yang bergetar jangan diabaikan, karena bila getaran tersebut diakibatkan oleh kampas rem sudah tipis gaya pengereman mobil akan berkurang. Sehingga, pada suatu kondisi bisa menyebabkan rem blong.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/24/101200215/ketahui-penyebab-pedal-rem-mobil-bergetar-saat-diinjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke