Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dishub DKI Buka Layanan KIR Mobile di Terminal Kampung Rambutan

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan layanan saat arus mudik dan balik pada masa Lebaran 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyediakan unit uji KIR mobile di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubag TU) UP PKB Pulogadung Fatchuri mengatakan, rencanan layanan KIR Mobil akan digelar hingga H+7 Lebaran.

"Kita mulai gelar dari 21 Maret 2023 hingga H+7 Lebaran nanti. Setiap hari layanan digelar selama jam kerja," kata Fatchuri, dalam keterangan resmi di situs Pemprov DKI Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Untuk proses uji KIR menggunakan model mobile tak ada perbedaan dengan konvensional. Proses pemeriksaan meliputi uji emisi, intensitas penerangan lampu, dan kemampuan rem.

Fatchuri menjelaskan, layanan ini disediakan untuk memastikan seluruh kendaraan angkutan mudik layak jalan. Setiap harinya akan dikerahkan tujuh personel untuk mengawal pengujian.

Hasil dari uji KIR juga memiliki legalitas yang sama dengan hasil pengujian KIR statis, dan akan terintegrasi dengan sistem informasi yang dimiliki Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Wakut pengujian bagi setiap kendaraan diperkirakan berkisar antara 20-25 menit saja. Pembayaran uji KIR ini juga dilakukan secara nontunai," ucapnya.


Baik pembayaran dan pendaftaran uji KIR mobile dilakukan secara daring melalui aplikasi eKir Jakarta. Pendaftar dapat memilih menu booking dengan lokasi KIR mobile Terminal Kampung Rambutan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/23/113100215/dishub-dki-buka-layanan-kir-mobile-di-terminal-kampung-rambutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke