Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap Meluncur di Indonesia, Bocoran Spesifikasi Honda CR-V Generasi Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran generasi baru Honda CR-V nampaknya semakin dekat.

Hal ini dibuktikan dengan kode mobil baru yang muncul di laman Samsat DKI Jakarta. Dalam laman tersebut terdapat dua varian, dengan kode RS38 T CVT dan RS58 RS CVT ZZ.

Kemudian tertulis juga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) pada kedua mobil tersebut, yakni dengan nilai jual Rp 453 juta dan Rp 500 juta.

Diduga kuat, kode mobil baru tersebut merupakan generasi keenam dari Honda CR-V.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sebelumnya sudah memberi bocoran soal kehadiran mobil baru untuk pasar Indonesia.

Salah satunya adalah Honda CR-V hybrid yang sudah pernah dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

“Honda akan mengeluarkan dua mobil hybrid tahun ini, tahun-tahun berikutnya elektrifikasi, lainnya termasuk produk lokal. Tunggu saja,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM di JIEXpo Kemayoran beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Honda CR-V sudah lebih dulu diperkenalkan di pasar Amerika Serikat dan Thailand.

Mengacu pada spesifikasi global, Honda CR-V generasi keenam ini disajikan dalam empat varian yakni EX, EX-L 1.500 cc VTEC Turbo, Sport dan Sport Touring yang akan hadir dengan teknologi hybrid terbarunya.

Dari segi dimensi, generasi CR-V terbaru tampil lebih bongsor dari versi saat ini, yakni dengan panjang 4.694 mm, lebar 1.864 mm dan tinggi 1.681 mm.

Menyoal tampilan, Honda CR-V mengusung perubahan drastis yang tak hanya menegaskan kesan SUV premium, namun juga kental nuansa baru perpaduan aura sporty dan elegan. Ini terlihat dari pola garis tegas dengan kap mesin yang memanjang.

Untuk tipe EX dan EX-L akan menggunakan pelek berdimensi 18 inci, sedangkan kedua tipe Sport mengusung pelek berukuran 19 inci dengan balutan warna gelap.

Melarnya dimensi berdampak pada sisi kelapangan kabin, apalagi wheelbase juga bertambah 40 mm menjadi 2.700 mm. Nuansa baru juga ditemui pada sisi interior yang dirancang lebih modern.

Layout dasbor kabin interior CR-V bisa dibilang mengambil tampilan dari Civic terbaru. Ventilasi AC dibuat ramping dengan desain kontrol suhu yang sederhana, dan semua jok dilapisi kulit sintetis lengkap dengan detail jahitan.

Pada sektor hiburan sudah tersemat layar sentuh 7 inci yang sudah terintegrasi dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.

Sementara untuk jantung pacu, CR-V anyar ini bakal ditenagai oleh mesin 2.000 cc turbo dan sistem e:HEV full hybrid. Akumulasi yang dihasilkan mampu memproduksi tenaga sebesar 204 tk dan torsi yang cukup tinggi yakni 371 Nm.

Selain itu, Honda juga tetap menyediakan CR-V dengan mesin 1.500 cc VTEC yang digadang mampu menghadirkan sensasi fun to drive. Olahan tenaga dari mesin ditransfer ke sistem penggerak roda melalui transmisi CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/21/154100015/siap-meluncur-di-indonesia-bocoran-spesifikasi-honda-cr-v-generasi-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke