Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fasilitas Uji Kendaraan Baru di Bekasi Rampung 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan memiliki fasilitas tes uji kendaraan baru dengan standar internasional. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang membangun fasilitas baru di Bekasi, Jawa Barat.

Fasilitas baru itu memiliki 16 fasilitas uji. Lokasinya sama seperti Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) yang saat ini merupakan tempat uji tipe dan sertifikasi.

Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Heri Prabowo mengatakan, pengerjaan fasilitas uji baru ini sudah berjalan dan akan mulai berjalan pada awal 2024.

"Sudah kita mulai (pengerjaan proyek), karena konsorsium yang memenangkan tender itu sudah mulai bekerja," kata Heri di acara Vehicle Safety Course 2023/006 di Politeknik APP, Jakarta, pekan lalu, (16/3/2023).

"Pekerjaan sipil juga akan kita kejar, supaya nanti itu ada soft launching di bulan November 2023, sementara operasionalnya selesai secara lengkap akan dilakukan tahun depan (2024)," kata dia.

Heri mengatakan, fasilitas baru tersebut akan mencakup fasilitas uji tabrak, uji stabilitas, uji sabuk pengaman, uji suara mobil dan motor, dan uji kendaraan listrik juga yang terdiri dari empat fasilitas.

Hal menarik dari fasilitas uji kendaraan baru dengan standar internasional di Bekasi tersebut yakni akan tersedia uji tabrak mobil alias crash test.

Meski demikian, Heri tidak merinci parameter uji tabrak mobil atau new car assessment program yang akan dipakai pada fasilitas baru Proving Ground BPLJS tersebut.

Namun karena pakai standar global ditengarai tidak akan jauh beda dengan ASEAN NCAP, karena Indonesia masuk negara Asia Tenggara.

Menilik ASEAN NCAP, pengetesan atau pengujian mencakup keselamatan orang dewasa, keselamatan anak-anak, peranti keselamatan, dan keselamatan pengendara motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/21/090200115/fasilitas-uji-kendaraan-baru-di-bekasi-rampung-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke