Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemeran JAW 2023 Sepi, Gaikindo Malu-malu Ungkap Jumlah Pengunjung dan Transaksi Penjualan

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang Jakarta Auto Week (JAW) yang berlangsung selama 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, resmi ditutup pada Sabtu (10/3/2023).

Berlangsung selama 10 hari, pameran yang fokus pada penjualan ini relatif biasa saja tanpa antrean pengunjung. Bahkan, pantauan KOMPAS.com selama mengunjungi pameran setiap harinya terlihat sepi , para tenaga penjual pun mengeluhkan kalau kurang peminat.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara, mengklaim jumlah pengunjung mengalami peningkatan dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya.

“(Meningkat) dua kali lipat kita bandingkan dengan yang sebelumnya. Ini kan baru (penyelenggaraan) kedua. Kayaknya ini lebih baik. Apalagi dengan adanya kolaborasi ini,” ujar Kukuh, kepada wartawan di Jakarta (18/3/2023).

Seperti diketahui, JAW tahun ini melakukan sejumlah inovasi yang berkolaborasi dengan dunia lifestyle.

Adapun sejumlah merek mobil yang ikut serta dalam JAW 2023 adalah Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG Motors, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai dan Isuzu.

“(Jumlah sebelumnya) saya enggak ingat. Mereka yang hitung, saya dapat laporan, saya tunggu belum ada angkanya,” ucap Kukuh.

“Kalau lihat dari ramainya cukup menarik. Sudah (dekati target), paling enggak sudah dua kali lipat dari yang sebelumnya. Yang sebelumnya kan relatif jauh lebih sepi,” kata dia.

Selain belum mengungkap jumlah pengunjung, pameran JAW 2023 juga belum membeberkan angka pemesanan mobil (SPK).

“(SPK) belum, kan besok baru ditutup, kemudian rekonsiliasi, masing-masing diler kumpulkan semua. Mungkin perlu waktu seminggu atau 10 harian,” kata Kukuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/18/201915815/pemeran-jaw-2023-sepi-gaikindo-malu-malu-ungkap-jumlah-pengunjung-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke