Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Keblinger Mudik Perdana Pakai Mobil Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2023 berdasarkan kalender hijriah Kemenag RI. Selain berpuasa, mudik juga menjadi ajang tahunan yang akan dilakukan masyarakat.

Saat mudik dengan mobil, khususnya mobil baru dan perdana digunakan untuk mudik, ada beberapa poin yang harus dipahami oleh konsumen supaya enggak keblinger atau keliru saat mengendarai kendaraan.

Poin pertama adalah proses inreyen. Heri Purnomo, Head of Staff technical Office Nasmoco Group menjelaskan, pemilik mobil lansiran terbaru sudah tidak perlu mengkhawatirkan inreyen.

“Sebelum dikirim ke konsumen, mobil sudah melalui tahap Pre-delivery Inspection (PDI), jadi kualitasnya terjamin. Kalaupun mau langsung dipakai mudik, silahkan saja. Enggak apa-apa,” kata Heri kepada Kompas.com (17/3/2023).

Menurut Heri, inreyen bukanlah persoalan utama yang harus dikhawatirkan oleh pengguna mobil baru yang hendak mudik. Hal yang harus diperhatikan justru pemahaman soal fungsi dan fitur yang ada pada mobil.

“Namanya orang baru beli mobil baru, biasanya euforianya tinggi sekali. Saking tingginya sampai-sampai lupa memahami fitur dan fungsi dasar di mobil. Kalau sudah begitu, bisa-bisa kerepotan saat mudik,” ucap Heri.

Heri menceritakan, ada dua contoh kasus karena tidak paham pada fitur mobil yang berujung kerepotan saat mudik. Kasus pertama adalah pengguna mobil Toyota Nav1 yang tidak mengetahui posisi ban serep saat mengalami ban bocor.

Posisi ban serep Toyota Nav1 memang berbeda dengan mobil-mobil lainnya. Biasanya, ban serep mobil terletak di bagian kolong bawah mobil. Sedangkan di Nav1, ban serep berada di bagian dasar bagasi.

Kasus kedua adalah pengguna baru mobil Toyota Alphard, di mana pengendara dari Jakarta yang hendak mudik ke Madura tidak mengetahui cara menyalakan AC mobil. Akhirnya, pengendara membuka jendela mobil saat menyetir supaya tidak kepanasan.

“Dua kasus itu terjadi saat mudik tahun 2022 lalu dan kebetulan saya yang menangani. Seharusnya kan kendala itu tidak akan terjadi kalau pengguna memahami semua fitur dan fungsi yang ada pada mobil,” kata Heri.

Jika pengguna baru saja membeli mobil dan hendak digunakan untuk mudik, sebaiknya difahami dulu semua fungsi, fitur, dan fasilitas yang ada pada mobil supaya kegiatan mudik aman dan tanpa kendala.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/18/084200515/jangan-sampai-keblinger-mudik-perdana-pakai-mobil-baru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke