Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Komponen Bisa Cepat Rusak?

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Tidak sedikit orang bisa membeli mobil tapi tidak memiliki cukup waktu untuk mengendarainya. Sementara di rumah, mobil hanya terparkir di garasi karena tidak ada yang bisa mengemudikan mobil.

Sehingga mobil hanya dipanasi secara rutin di garasi, tidak dijalankan sama sekali sampai beberapa bulan. Fenomena tersebut banyak dijumpai di masyarakat kita.

Sementara itu, beredar kabar bahwa mobil yang jarang digunakan bisa lebih cepat mengalami kerusakan pada komponen tertentu. Lantas, apakah hal itu fakta, atau hanya mitos belaka?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mobil yang lama tidak dipakai tetap membutuhkan dipanasi secara rutin, meski demikian mobil juga membutuhkan digunakan agar semua komponen bekerja sewajarnya.

“Banyak mobil hanya terparkir di garasi, sebetulnya memang perlu digunakan, jadi kalau hanya dipanasi saja itu tidak cukup, mobil tetap butuh dilajukan sehingga semua sistem bekerja dengan wajar,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Dia mengatakan mobil yang lama terparkir di garasi bisa dikatakan bisa mengalami kerusakan lebih cepat pada beberapa aspek.

“Mobil yang jarang digunakan akan mengalami rusak bila tidak dipanaskan, mulai dari komponen dalam mesin yang tidak beroperasi bisa mengering karena lama tidak terkena pelumasan,” ucap Ibrohim.

Selain itu, mobil yang tidak dipanasi juga akan merusak baterai karena sistem pengisian lama tidak terjadi sehingga lama-lama aki ngedrop.

“Aki akan mudah drop bila mesin lama tidak dihidupkan, sehingga pemilik mobil harus tetap rutin memanaskan mesin meski tidak mau dipakai, meski begitu mobil yang tidak dilajukan lama akan rusak pada bagian lainnya,” ucap Ibrohim.

Mobil yang berhenti lama akan membuat roda terbebani pada satu titik saja, itu dapat merusak konstruksi ban dan suspensi.

“Bearing roda, konstruksi ban, peredam kejut menumpu beban mobil di titik itu terus menerus, sehingga komponen ini akan mudah rusak, itulah kenapa mobil balap atau mobil koleksi dipasang jack stand saat parkir lama,” ucap Ibrohim.

Jadi, mobil yang lama tidak digunakan tidak serta merta bisa diabaikan begitu saja. Pemilik mobil tetap perlu memperhatikan dengan memanasi mesin dan melajukan mobil sepekan sekali.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/17/171200815/mitos-atau-fakta-mobil-jarang-dipakai-komponen-bisa-cepat-rusak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke