Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs Bisa Tenggak B35

Kedua truk anyar untuk kelas heavy duty ini menggunakan standar Euro5 dengan 3 mesin baru yang digadang-gadang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar.

Lalu apakah kedua kendaraan niaga anyar dari DCVI ini mampu mengkonsumsi bahan bakar nabati (BBN) B35?

Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengatakan, truk Actros dan Arocs bisa menenggak B35.

“Seperti yang sudah dibilang, kendaraan ini memang sudah teruji BBM Fame dengan komposisi 30 persen dan sekarang sedang direview oleh pusat menggunakan B35,” kata Faustina di sela-sela acara peluncuran Actros dan Arocs, Kamis (17/3/2023).

Faustina juga mengatakan, dari kacamata Daimler, meski produk ini bisa menenggak B35 tapi harus selalu menggunakan bahan bakar yang disarankan.

Apalagi, produk dari Daimler sudah berstandar Euro 4 dan Euro 5. Sehingga disarankan tetap menggunakan bahan bakar sesuai standar dan spesifikasi regulasi Euro 4.

Penggunaan biodiesel B35 sendiri telah diterapkan di Indonesia sejak 1 Februari 2023. B35 merupakan campuran biodiesel antara BBN berbasis minyak kelapa sawit dengan BBM diesel.

"Sejak tahun lalu, saat kita bawa Axor Euro 4 masuk Indonesia kita juga sudah bilang sejalan dengan pemerintah bahwa yang diminum itu harus sesuai dengan rekomendasi untuk kendaraan berstandar Euro 4 atau 5 dan 6 nantinya," kata Faustina.

Maka dari itu, sebaiknya dealer dan pelanggan untuk tetap mengikuti aturan dan regulasi mengenai Euro 4 dan Euro 5. Sehingga sebaiknya kendaraan ini menenggak BBM yang disarankan pemerintah dan juga oleh pihak penyedia BBM.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/17/082200315/truk-mercedes-benz-actros-dan-arocs-bisa-tenggak-b35

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke