Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Oli Baru bagi Pengguna Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sepeda motor.

Berdasarkan data kepolisian Republik Indonesia tahun 2022, terdapat 152,51 juta kendaraan bermotor dengan 83,27 persen atau 126,99 juta merupakan sepeda motor. Jumlah tersebut didominasi motor matic baik baru maupun lama.

Untuk itu, sebagai pengguna sepeda motor ada baiknya melakukan perawatan berkala agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang paling umum adalah dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin.

Sebagaimana diketahui, pelumas menempati sektor paling vital dalam menunjang kinerja mesin. Namun seiring pemakaian dan faktor lain, terdapat kerenggangan antar komponen pada jantung mekanis.

Kondisi ini membuat mesin membutuhkan penyesuaian perihal pelumasannya. Pasalnya, usia dan cuaca juga berpengaruh. Tidak hanya gap (celah) pada komponen mesin, kondisi tersebut juga bisa membuat volume oli mesin berkurang drastis.

"Meningkatnya jumlah kendaraan terlebih sepeda motor, terus memotivasi kami untuk menghadirkan produk terbaik guna memenuhi kebutuhan pemilik sepeda motor di Indonesia. Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB yang kami luncurkan hari ini bisa menjadi jawaban pemilik motor matic," ucap Henry Sada, Presiden Direktur PT Autochem Industry di arena GJAW, JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Sementara itu, Ben Ungerer, National Sales Manager PT Autochem Industry mengatakan, keberadaan Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB ini bisa menjadi solusi, khususnya bagi pemilik motor matic Yamaha.

“Dengan SAE lebih kental, saat kondisi dingin oli tidak akan menyusup hingga ke ruang bakar. Sementara angka 40 merupakan kebutuhan untuk motor standar Yamaha. Jadi sangat cocok, termasuk untuk penggunaan harian dan kerja berat seperti ojek online,” kata Ben.

Oli mesin MASTER Durability SAE 20W-40 API SL/MB sejatinya dirancang untuk memaksimalkan durabilitasnya. Pelumas ini juga telah melalui beragam pengembangan dan pengujian.

"Proses pengembangannya telah kami lakukan sejak 2021. Kemudian kami uji dan buktikan dalam berbagai tes, termasuk perjalanan jauh dari Jakarta - Lombok dan mengelilingi Pulau Jawa. Bukan saja durabilitas, melalui perjalanan itu Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB juga terbukti sangat optimal menunjang kinerja mesin," kata Ben.

Terkait spesifikasi, oli mesin Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB sudah memenuhi standar API Service SL. Untuk kemasan, PT Autochem Industry menyediakannya dalam dua varian yaitu 0,8 liter dan 0,9 liter.

“Oli volume 0,8 liter atau 800 ml direkomendasikan untuk matic Yamaha bermesin 125 cc. Paling menarik adalah Master Durability SAE 20W-40 API SL/MB versi 0,9 liter. Oli ini cocok untuk pengguna matic Yamaha 155 series seperti Yamaha NMax 155 dan Yamaha Aerox 155,” ucap Ben.

Produk terbaru ini pun dijual dengan harga kompetitif dan akan tersedia di jaringan penjualan PT Autochem Industry yang memiliki 25 cabang di seluruh Indonesia.

Untuk 0,8 liter berkisar harga di bawah Rp 50.000, sementara untuk 0,9 kisarannya di bawah Rp 55.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/16/151200715/pilihan-oli-baru-bagi-pengguna-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke